Kronologi Sengketa Komplek Bubakan

- Jumat, 11 Juni 2021 | 19:50 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kronologi sengketa Komplek Bubakan bermula dari 14 orang yang selama ini menempati aset tersebut mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Semarang dan mengklaim bahwa aset tersebut milik mereka.

Padahal sesungguhnya aset tersebut telah menjadi objek kerja sama antara Pemerintah Kota Semarang dengan PT. Pratama Era Jaya sejak tahun 1992 dengan jangka waktu 25 tahun, yang berakhir pada 18 Februari 2018.

Sebelum habis masa perjanjian, Pemerintah Kota Semarang pun telah melakukan sosialisasi agar pemilik ruko segera mendaftar ulang.

Baca Juga: Alhamdulillah, Pemerintah Kota Semarang Amankan Aset Negara Senilai 94,7 Miliar Rupiah

Namun rupanya para pemilik ruko tak mengetahui bila lahan tersebut menjadi objek kerja sama milik pemerintah.

Sebelumnya Pemerintah Kota Semarang dinyatakan kalah dalam dua putusan tingkat negeri dan tinggi.

Pemerintah Kota Semarang kemudian berhasil mempertahankan aset negara yang menjadi gugatan atas sengketa tanah dan bangunan di kompleks Bubakan Baru, Kelurahan Purwodinatan.

Sesuai dengan keputusan Kasasi MA Nomor : 414 K/PDT/2021, aset tersebut akhirnya dimenangkan oleh Pemerintah Kota Semarang.

Baca Juga: Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan Megawati Dihadiri Sejumlah Menteri

Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi sekaligus membatalkan putusan Pengadilan Tinggi yang menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Semarang.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X