DPRD Demak Siap Prioritaskan Raperda Pesantren, Usulan Draf Diajukan

- Senin, 31 Januari 2022 | 08:48 WIB
Ketua DPRD Demak HS Fahrudin Bisri Slamet bersama Asisten I Setda Demak AN Wahyudi dan Forkopimda foto bersama setelah menerima usulan draf Raperda Penyelenggaraan Pesantren. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Ketua DPRD Demak HS Fahrudin Bisri Slamet bersama Asisten I Setda Demak AN Wahyudi dan Forkopimda foto bersama setelah menerima usulan draf Raperda Penyelenggaraan Pesantren. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Ketua DPRD Demak HS Fahrudin Bisri Slamet memastikan lembaga yang dipimpinnya akan segera membahas Raperda Penyelenggaraan Pesantren di Kabupaten Demak.

Bahkan DPRD Demak memandang Raperda tersebut sebagai prioritas agar dapat disahkan menjadi perda pada pertengahan tahun ini.

Slamet mengatakan, raperda penyelenggaraan pesantren sebenarnya sudah masuk dalam program legislasi daerah.

"Dan, karena banyak usulan serta masukan dari masyarakat, maka akan kami prioritaskan pembahasannya," kata Fahrudin Bisri Slamet saat menghadiri Halaqoh Ulama dan Para Pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Demak di Pesantren Al-Hidayat Temuroso, Guntur, Sabtu, 29 Januari 2022.

Baca Juga: Kantor PBNU Dibangun di Ibu Kota Nusantara, Gus Yahya Izin Ikut Tempati IKN

Menurut Slamet, negara telah memberi perhatian kepada pesantren yang dibuktikan dengan terbitnya Undang-undang No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, dan Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Sehubungan itu perlu ditindaklanjuti di tingkat daerah dengan menerbitkan Perda.

Dia berpandangan, pesantren memiliki peran yang begitu besar dalam bidang pendidikan karakter, pemberdayaan generasi bangsa dan bela negara.

Meski telah melahirkan banyak SDM berkualitas, namun sayangnya negara belum memberi sentuhan keperpihakan anggaran yang memadai untuk pesantren.

Baca Juga: Shin Tae-yong Konfirmasi 8 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi C DPRD Demak Fokus Penataan Kawasan Kumuh

Sabtu, 24 Desember 2022 | 04:27 WIB

Bapemperda DPRD Demak Hasilkan 10 Perda

Selasa, 20 Desember 2022 | 21:52 WIB
X