Sekretaris FKKG Jateng Atatin Beberkan Penyebab dan Dampak Fatal KDRT, Simak Penjelasannya

- Minggu, 30 Januari 2022 | 13:22 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sekretaris Forum Keadilan dan Kesetaraan Gender (FKKG) Jawa Tengah, Atatin Malihah dalam Sosialisasi Penanggulangan KDRT bagi Masyarakat yang digelar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Koordinator Kecamatan (Korcam) Ngaliyan, Kota Semarang, menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan KDRT.

Yaitu, faktor individu perempuan yang memang menyimpang atau terlalu lemah, pasangan yang tidak harmonis, ekonomi keluarga yang tidak stabil, dan persoalan sosial budaya.

Ditambah lagi persoalan hubungan yang tidak seimbang antara kuasa dan ketidakberdayaan, peralatan untuk menyelesaikan saat terjadi konflik, dan penafsiran menyimpang atau kurang tepat atas pria dan perempuan.

Baca Juga: Gairahkan Kembali Pariwisata, Semarang Bridge Fountain Akan Diaktifkan Setiap Hari

"Padahal dampak KDRT itu sangat fatal terhadap keluarga. Selain kepada istri atau pihak perempuan, juga berdampak kepada anak atau keluarga yang lainnya. Mereka secara mental mengalami depresi, kecemasan yang berlebihan, stres, phobia, disfungsi seksual, gangguan pola makan, insomnia, dan rendah diri," jelas Atatin, yang juga aktifis perempuan dan Direktur Law & Firm Atatin & Partner's.

Atatin berharap agar anggota di setiap rumah tangga selalu menjalin komunikasi yang intens dan komprehensif.

Masing-masing tetap peduli dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 29 Januari: Berawan Sepanjang Hari

Selain itu, selalu berusaha menjauhkan diri dari perbuatan yang melanggar norma serta bergaul dengan pergaulan yang baik dan sehat.

Dengan demikian, lanjut Atatin, akan terjadi interaksi yang saling bermanfaat dalam kebajikan serta jauh dari mudharat yang menistakan dan menodai kehidupan bermasyarakat.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendi Ajak Warga Semarang Bangga Pakai Batik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:59 WIB
X