Hendi dan Perguruan Silat Pagar Nusa Berkomitmen Jaga Kondusivitas NKRI

- Jumat, 28 Januari 2022 | 07:45 WIB
Tiga pesilat menunjukkan jurus silatnya kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Balai Kota. (suaramerdeka.com / Hendra Setiawan)
Tiga pesilat menunjukkan jurus silatnya kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Balai Kota. (suaramerdeka.com / Hendra Setiawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan jika kondusivitas adalah hal utama dalam menjaga NKRI.

Hal kondusivitas NKRI tersebut ditegaskan Hendrar Prihadi yang kerap disapa Hendi, saat membuka Kejuaraan Cabang pencak silat NU Pagar Nusa IV Kota Semarang yang berlangsung di Balai kota Semarang belum lama ini.

“Sering ada yang merasa hebat terus kehebatannya ditunjukkan di jalanan. Bukannya merawat bangsa, tapi malah berkelahi sendiri-sendiri. Saya berharap adik-adik yang ada di sini tidak melakukan itu. Kita sepakat bahwa kondusivitas adalah yang utama,” ungkap Hendrar Prhadi.

Lebih lanjut, dirinya mengajak para pendekar Pagar Nusa untuk dapat ikut merawat NKRI dan membela para ulama.

Baca Juga: Jatuh pada 28 Januari, Ini Rahasia Weton Jumat Wage Berdasarkan Primbon Jawa

Ke depan, Hendi berharap perguruan silat Pagar Nusa dapat menjadi perguruan pencak silat yang top tidak hanya di Indonesia tetapi juga di tingkat dunia sehingga bisa ikut melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa.

Pasalnya, menurut Hendi, pencak silat kini juga telah diakui sebagai cabang olah raga dunia.

“UNESCO pun di tahun 2019, sudah mengakui dan menobatkan silat sebagai salah satu warisan budaya dunia,” ujar Hendi.

Selain sebagai identitas, menurutnya, pencak silat juga menjadi pemersatu bangsa karena di dalamnya mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati, dan juga sportivitas.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Masih Rp 19 Ribu, Mahal Tapi Ga Perlu Antri, Eh Stoknya Habis

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X