Rencana Penerapan Parkir Elektronik di Kota Semarang, 34 Jukir Diberi Penyuluhan

- Kamis, 27 Januari 2022 | 08:48 WIB
Dishub Kota Semarang memberikan penyuluhan dan pelatihan penerapan parkir elektronik kepada 34 juru parkir. (suaramerdeka.com / M Arif Prayoga)
Dishub Kota Semarang memberikan penyuluhan dan pelatihan penerapan parkir elektronik kepada 34 juru parkir. (suaramerdeka.com / M Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rencana penerapan parkir elektronik tepi jalan di Kota Semarang, ditindaklanjuti Dinas Perhubungan dengan melakukan penyuluhan kepada juru parkir (Jukir).

Untuk tahap awal, parkir elektronik akan diujicobakan di sejumlah titik seperti Jalan MT Haryono, sekitar Jalan Pekojan dan Jalan Jurnatan.

Sebanyak 34 Jukir mengikuti penyuluhan dan pelatihan penerapan parkir elektronik tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martantono melalui Kabid Parkir Dishub Kota Semarang, Joko Santosa mengatakan penggunaan aplikasi akan dilakukan untuk penerapan parkir elektronik.

Baca Juga: Baru Dibuka Sebagian, Seksi I Tol Cisumdawu Pangkas 2 Titik Kemacetan

Pelaksanaannya sesuai dengan kebijakan pemerintah, dalam hal ini OJK dan BI yang dibantu Bank Jateng.

Dalam masa-masa sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi parkir elektronik untuk menarik retribusi parkir tepi jalan diberikan kepada para Jukir.

Mereka akan memungut retribusi parkir dengan cara menunjukkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari smartphone, kemudian pelanggan parkir langsung men-scan QRIS tersebut.

"Ke depan secara bertahap, pembayarannya tidak hanya akan menggunakan e-wallet saja seperti Ovo dan GoPay, tapi nantinya bisa menggunakan E-money seperti kartu tol."

Baca Juga: Ramalan Zodiak 27 Januari 2022: Scorpio Ubah Jalan Hubungan, Ada Keuntungan Finansial Buat Sagitarius

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X