Bea Cukai Jawa Tengah-DIY Gagalkan Peredaran 3,6 Juta Rokok Ilegal

- Jumat, 11 Juni 2021 | 14:37 WIB
Bea Cukai Jawa Tengah-DIY Gagalkan Peredaran 3,6 Juta Rokok Ilegal  (suaramerdeka.com /Bea Cukai Jateng-DIY)
Bea Cukai Jawa Tengah-DIY Gagalkan Peredaran 3,6 Juta Rokok Ilegal (suaramerdeka.com /Bea Cukai Jateng-DIY)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah-DIY menggagalkan peredaran rokok ilegal sebanyak 3,6 juta yang akan dikirim ke Pulau Sumatera.

Kabid Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY Moch Arif Setijo Noegroho mengatakan dalam operasi 3 hari berturut turut sejak 6 hingga 8 Juni 2021 diperkiraan nilai rokok ilegal itu sekitar Rp3,68 miliar, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp2,42 miliar.

Arif menjelaskan pihaknya mendapatkan informasi truk yang mengangkut rokok ilegal. Setelah dilakukan penelusuran akhirnya dapat dikejar dan diberhentikan di sekitar jalan tol arah Jatingaleh menuju Krapyak.

Baca Juga: Cangkringan Jadi Kecamatan Pertama Lunas PBB

Didapati rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) berbagai merek tanpa pita cukai. Total rokok yang diangkut 1,17 juta batang, dengan perkiraan nilai barang mencapai Rp1,19 miliar dan potensi kerugian negara sebesar Rp782 juta.

Lalu dihari berikutnya juga kembali digagalkan pengiriman rokok ilegal di daerah Lingkar Utara Kabupaten Pemalang yang mengangkut 1,64 juta batang rokok ilegal jenis SKM beragam merek tanpa pita cukai dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp1,68 miliar, dan potensi kerugian negara diperkirakan mencapai Rp1,10 miliar.

Tak hanya itu dihari ketiga petugas juga berhasil mengamankan 800 ribu batang rokok ilegal jenis SKM beragam merek tanpa pita cukai di Jalan Kaligawe Semarang.

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Pelabuhan Tanjung Emas, Jokowi Targetkan Sepekan 4.000 Orang Divaksin

Dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp816 juta, dan potensi kerugian negara mencapai Rp536 juta.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LPMK Bantu Kinerja Pemerintah Atasi Covid-19

Selasa, 22 Juni 2021 | 07:15 WIB
X