Tarif Parkir Lawang Sewu Dikeluhkan, Jukir Ditertibkan dan Diberi Pembinaan

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:24 WIB
 Para juru parkir di objek wisata Lawang Sewu dibina dengan meminta membuat pernyataan, agar menarik retribusi sesuai dengan aturan yang ada. (suaramerdeka.com / Muhammad Arif Prayoga)
Para juru parkir di objek wisata Lawang Sewu dibina dengan meminta membuat pernyataan, agar menarik retribusi sesuai dengan aturan yang ada. (suaramerdeka.com / Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Parkiran di objek wisata Lawang Sewu dikeluhkan masyarakat karena menarik tarif retribusi di atas ketentuan aturan yang berlaku.

Dari laporan yang disampaikan masyarakat kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, bahwa bus pariwisata berkunjung dan parkir di objek wisata itu ditarik retribusi parkir hingga mencapai Rp 350 ribu.

Kasatpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan, Satpol PP Provinsi Jateng mendapatkan perintah dari Gubernur Jateng agar berkoordinasi dengan pihaknya dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang untuk menertibkan parkiran yang ada di objek wisata Lawang Sewu.

"Untuk sekarang, kami masih dalam taraf pembinaan. Para juru parkir sudah diminta membuat pernyataan. Bila nanti kembali melanggar, maka kami bersama Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) akan menindaknya secara langsung."

Baca Juga: Dari Primbon Jawa Kuno: Ini 6 Ciri-ciri Wanita dengan Nafsu Besar, Anda Punya?

"Untuk memastikannya, kami akan melakukan sidak lagi beberapa waktu mendatang. Ini untuk memastikan bahwa wisatawan yang datang ke Kota Semarang merasakan kenyamanan," ujar dia, di sela-sela sidak, Jumat 21 Januari 2022.

Sidak juga dilakukan ke lokasi parkir yang ada di Museum Mandala Bhakti, yang berada di seberang dari objek wisata Lawang Sewu.

Di tempat tersebut, penarikan retribusi diketahui telah sesuai dengan aturan yang ada.

Fajar menambahkan, pihaknya tidak ingin para juru parkir yang diberi kesempatan untuk memungut retribusi, justru menyalahgunakan wewenangnya.

Baca Juga: Neptu Sabtu Pon Sangat Besar, Cocok Berjodoh dengan 8 Weton Ini

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X