Konfirmasi Dinkes Kota Semarang: 4 Orang Positif Omicorn, 21 Positif Varian Delta

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:48 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang M Abdul Hakam menjelaskan terkait Omicron. (dok Humas Pemkot Semarang)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang M Abdul Hakam menjelaskan terkait Omicron. (dok Humas Pemkot Semarang)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang mengonfirmasi empat orang positif Covid-19 varian Omicron dan 21 orang positif dengan varian Delta.

Sebelum diketahui positif Covid-19 Omicron dan Delta, Dinkes Kota Semarang mengirimkan 25 sampel ke Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinkes Kota Semarang, Moch Abdul Hakam, mengatakan, sebelum kepulangannya pada 31 Desember 2021, beberapa di antara mereka mengalami gejala demam.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 20 Januari 2022: Saatnya Taurus Introspeksi, Gemini Waspada Masalah Pernafasan

Meski sudah dua kali tes swab PCR dengan hasil negatif, saat tiba di Kota Semarang pada 1 Januari 2022, mereka berinisiasiatif melakukan PCR ulang dan hasilnya diketahui positif pada 3 Januari 2022.

''Mereka baru melaporkan hasil tersebut ke Puskesmas pada 5 Januari 2022. Tindakan lanjutan dilakukan karena diketahui hasil CT Value di bawah 30, dan saat diambil Whole Genome Sequencing (WGS) baru diketahui hasilnya positif Covid-19,'' ujar dia, saat ditemui di kantor Dinkes Kota Semarang, Jumat (21/1).

Untuk temuan kasus empat orang dengan varian Omicron dari luar negeri ini, lini pertamanya ditemukan positif dari mulai isteri, anak, dan kakaknya dinyatakan positif.

Sementara untuk lini kedua yakni 14 pihak yang berhubungan kontak erat dengan yang bersangkutan dan lini ketiga 15 pihak dinyatakan semuanya negatif.

Baca Juga: Berkaca dari Insiden Balikpapan, Ini 3 Titik Rawan Kecelakaan di Kota Semarang

"Nantinya, kami akan melakukan lagi exit test untuk lini kedua dan ketiga. Keempat orang tersebut diketahui tidak bergejala, bahkan telah melakukan vaksinasi."

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X