Genangan di Tambakrejo Kota Semarang Diperkirakan Surut 2 Hari Lagi

- Minggu, 2 Januari 2022 | 19:12 WIB
Genangan di Jalan Purwosari Raya, Kelurahan Tambakrejo, Gayamsari. (suaramerdeka.com/dok)
Genangan di Jalan Purwosari Raya, Kelurahan Tambakrejo, Gayamsari. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Hujan deras yang terjadi pada Jumat sore 31 Desember 2021 menimbulkan banjir di empat kampung di Kelurahan Tambakrejo (Gayamsari).

Meliputi Kampung Tanggungrejo, Purwosari, Karang Kimpul, serta Masjid Terboyo dan sekitarnya. Bahkan, sejumlah wilayah lain turut mengalami hal sama.

Seperti sebagian Jalan Barito di Kelurahan Rejosari atau dekat SMK Dr Cipto (Semarang Timur), Jalan Kaligawe Raya, dan Jalan Muktiharjo Raya di Muktiharjo Lor (Genuk).

Ketinggian air berbeda-beda di setiap wilayahnya, antara 20-30 sentimeter atau hampir selutut orang dewasa.

Baca Juga: Operasi Lilin 2021, Angka Kecelakaan Naik 31 Persen Namun Angka Kematian Turun

Hingga sekarang, beberapa diantara wilayah tersebut genangannya telah surut.

Namun, sebagian wilayah di Kelurahan Tambakrejo masih terjadi genangan. Diperkirakan, genangan akan benar-benar surut keseluruhan di Tabakrejo dalam dua hari mendatang.

Lurah Tambakrejo, Widiatmoko, mengatakan, tujuh dari delapan RW di wilayahnya tergenang banjir. Walaupun begitu, genangan tidak semuanya terjadi di setiap RT-nya.

Genangan terparah terjadi hanya di beberapa RW saja. Misalnya di RW 3 genangan masih terjadi di RT 6, 7, dan 8.

Baca Juga: Ini Lirik Lagu Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini versi Bahasa Inggris

Di RW 7 menggenangi wilayah di RT 1, 2, 3, 4, dan 7 setinggi 5-20 sentimeter, sedangkan RT 5 dan 6 sama sekali tidak mengalami genangan.

Adapun di RW 4, RW 5 dan RW 6 genangan relatif lebih rendah yakni sekitar 5-10 sentimenter. Bahkan diperkirakan sebagian besar telah surut.

"Kondisi geografis di Tambakrejo memang sudah rendah, sehingga rawan terjadi genangan. Selain itu, selama ini keberadaan Kali Tenggang di Kelurahan Tambakrejo semua aliran air bermuara ke situ," ujarnya, Minggu 2 Januari 2021.

"Mulai dari daerah Tlogosari, Gebang Anom, Muktiharjo dan Genuk, sehingga saat hujan deras bila daerah lain telah surut airnya maka justru Tambakrejo masih menerima kiriman air."

"Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah lalu dengan kondisi sama seperti ini, genangan diperkirakan surut dalam dua atau tiga hari mendatang. Dengan catatan tidak terjadi hujan deras lagi, karena justru bisa mebuat genangan tetap terjadi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X