Santri Darul Falah Catat Rekor, Menari Sufi 24 Jam Nonstop

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 08:14 WIB
Tarian sufi dipentaskan selama 24 jam di Ponpes Darul Falah Sendang Sari, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, saat akhir tahun 2021. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Tarian sufi dipentaskan selama 24 jam di Ponpes Darul Falah Sendang Sari, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, saat akhir tahun 2021. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Santri Pondok Pesantren Darul Falah Sendang Sari, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, mencatat rekor mampu menari sufi selama 24 jam mulai Jumat 31 Desember 2021 hingga Sabtu 1 Januari 2022 pukul 00.00.

Kegiatan menari sufi bersamaan dengan Haul Syekh Jalaludin Rumi di Ponpes Darul Falah Sendang Sari, sekaligus memperingati pergantian Tahun Baru 2022.

Pengasuh pesantren Daarul Fallah, KH Muhammad Ghufron, atau yang akrab disapa Gus atau Ki Ageng Mbodho mengungkapkan, peserta penari sufi berjumlah 99 santri.

Para santri tersebut sudah kerap berlatih menari sufi di dalam pesantren, di mana mereka berputar-putar secara bergantian selama 24 jam nonstop.

Baca Juga: Tumbuhkan Kecintaan, Dosen UAD Kenalkan Proses Membatik pada Anak

Tarian yang berasal dari Turki ini dikenal dengan sebutan whirling dervishes.

Gerakan berputar-putar ini dianggap penuh makna, karena sebagai bagian dari meditasi diri, sehingga para penari sufi bisa berputar-putar dalam waktu yang lama tanpa merasa pusing.

Menurut Gus Mbodo, tarian Sufi identik dengan Syekh Jalaludin Rumi, karena merupakan penciptanya.

Perlu untuk diketahui, Syekh Rumi merupakan sosok yang terkenal sebagai seorang tokoh sufi dan penyair legendaris yang berasal dari Persia.

Baca Juga: Kebakaran RSUP dr Kariadi: Sebab Kegagalan Kelistrikan Masih Didalami

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa-siswi SMP N 1 dan 2 Kradenan Divaksin Dosis 2

Selasa, 21 Desember 2021 | 19:43 WIB

Muslimat dan Fatayat Dilatih Pemulasaraan Jenazah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:25 WIB
X