Kelompok Tani Desa Jatirejo Dibekali Teknik Pengolahan Jagung Menjadi Susu

- Selasa, 21 Desember 2021 | 13:13 WIB
Tim pengabdian dari sejumlah fakultas di Unika Soegijapranata memberikan pelatihan kepada kelompok tani di Desa Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. (suaramerdeka.com / dok Unika)
Tim pengabdian dari sejumlah fakultas di Unika Soegijapranata memberikan pelatihan kepada kelompok tani di Desa Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. (suaramerdeka.com / dok Unika)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kelompok tani di Desa Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang dibekali pelatihan teknik pengolahan jagung menjadi susu.

Pelatihan pembuatan susu jagung tersebut dilakukan oleh tim pengabdian dari sejumlah fakultas di Unika Soegijapranata Semarang.

Meliputi Fakultas Teknik (FT), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

"Selain dilatih mengolah jagung menjadi susu jagung, kami juga menyelenggarakan pelatihan pembuatan minuman prebiotic jagung bagi para anggota kelompok tani di desa setempat," kata ketua tim pengabdian, Dr Florentinus Budi Setiawan, Selasa 21 Desember 2021.

Baca Juga: Perbedaan Sikap H Faisal dengan Doddy Sudrajat Terkait Tagihan Utang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan nilai ekonomis dari jagung yang diproduksi petani selama ini.

Selain itu, tim pengabdian ini juga memberikan pelatihan pendukung lainnya, seperti pembuatan olahan puding jagung, perhitungan harga pokok dan pelatihan pemanfaatan alat yang ada.

"Ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang mengembangkan inovasi Pengering Solar Tunnel Drier yang diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dari jagung yang diproduksi petani," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Jatirejo, Musfiyati mengungkapkan apresiasinya atas upaya dan dukungan tim Unika Soegijapranata dalam mengembangkan dan meningkatkan kelompok tani Desa Jatirejo.

Baca Juga: The Batman Rilis Foto-foto Baru, Sosok Robert Pattinson Sebagai Dark Knight Disorot

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ditampart Berkeliling Kampanyekan Kerentanan Pesisir

Kamis, 8 Desember 2022 | 05:30 WIB
X