Masuk Musim Penghujan, GI Tambaklorok Siapkan Antisipasi Hadapi Banjir

- Kamis, 9 Desember 2021 | 07:00 WIB
Gardu Induk Tambaklorok. (suaramerdeka.com / dok PLN)
Gardu Induk Tambaklorok. (suaramerdeka.com / dok PLN)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Memasuki musim penghujan, PLN UPT Semarang mengoptimalkan langkah antisipasi gangguan kelistrikan di sejumlah Gardu Induk rawan banjir, salah satunya Gardu Induk Tambaklorok di Kota Semarang.

Gardu Induk PLN tersebut berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dari PLTU Tambak Lorok dan PLTGU Indonesia Power sebesar 1.000 MW, guna melayani kebutuhan listrik untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya.

Seperti diketahui, letak geografis Gardu Induk Tambaklorok yang berada dekat dengan laut dan tambak menyebabkan gardu tersebut rawan banjir akibat naiknya level permukaan air dari siklus pasang surut.

Manager UPT Semarang, Titi Murdiyati mengatakan, untuk menyikapi kondisi ini, pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan terhadap ketinggian air melalui pemantauan level air serta menyiagakan kebutuhan material-material dan peralatan untuk pemantauan darurat bencana.

Baca Juga: Berteman Akrab dengan Jung Ho Yeon, Zendaya sebut Spider-Man dan Squid Game Mengubah Hidup Mereka

"Sejumlah peralatan dan personil disiagakan untuk kondisi darurat bencana, salah satunya dengan mengendalikan banjir melalui pemaksimalan pompa air, melakukan perbaikan performa air serta membuat sejumlah tanggul untuk lokasi prioritas," terang Titi Murdiyati.

Upaya tersebut dilakukan guna menghindari terjadinya korsleting akibat banjir yang nantinya akan berdampak pada rusaknya peralatan sehingga pasokan listrik dapat terganggu.

"Gardu Induk Tambaklorok rawan sekali terjadi banjir, apalagi dimusim penghujan. Namun demikian, kami berkomitmen untuk menyiapkan dan mengoptimalkan langkah antisipasi gangguan kelistrikan sehingga aliran listrik tetap terjaga," pungkas Titi.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB

Omicron Masuk Jawa Tengah

Sabtu, 22 Januari 2022 | 01:18 WIB
X