Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polda Jateng Siap Amankan 3.000 Gereja di Jateng

- Rabu, 8 Desember 2021 | 21:45 WIB
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Untuk mengantisipasi munculnya penularan Covid-19 di masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polda Jateng akan fokus menggelar cek poin di setiap perbatasan.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi menjelaskan hal ini dilakukan karena Jateng menjadi pusat tujuan mudik atau wisata nataru para warga dari luar Jateng sehingga perlu antisipasi.

Baca Juga: Tundukkan Persak Kebumen 2-1, Joko Sasongko Bawa Persebi ke Final Liga 3 Jateng

"Polda akan menggelar operasi terpusat yakni Operasi Lilin. Operasi ini akan mulai 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022.

Ini sasarannya adalah kemanusiaan dalam rangka penanganan covid-19, mudik, termasuk perayaan natal,” katanya saat melakukan media gathering bersama wartawan Polda Jateng di Salatiga, Rabu, 8 Desember 2021.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, nantinya dalam operasi Lilin ini tidak ada penyekatan. Hanya akan ada cek poin mulai dari Brebes sampai Rembang yang akan mengecek kelengkapan mudik yang sudah ditentukan seperti SIKM dan keterangan vaksin.

Lalu setelah lengkap akan ditempeli stiker yang menyatakan lengkap persyaratan. Selain itu Polda Jateng juga akan mendirikan cek pos di rest area tol

Kapolda menambahkan, pos PPKM mikro akan diaktifkan kembali. Ada 8.600 posko PPKM Mikro di Jateng untuk mendata siapa saja yang datang dan pergi pemudik.

Baca Juga: Perayaan Natal 2021, Bupati Kendal Siap Kawal Berjalan Lancar dan Aman

“Jadi nanti pak Lurah bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan mendata nama pemudik, tujuan rumah dimana, berapa lama dia tinggal, kapan dia kembali ke perantauan. Nanti ketika akan kembali ke perantauan pun akan didata kembali,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X