Penyandang Disabilitas Berhak Mendapatkan Kesempatan Sama

- Rabu, 8 Desember 2021 | 17:03 WIB
 Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkot Semarang bersama dengan DPRD Kota Semarang memiliki keinginan untuk berkomitmen dalam memberikan ruang dan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas.

Guna memperoleh hak serta bisa mengakses seluruh fasilitas-fasilitas publik yang tersedia dengan baik. Keinginan dan harapan tersebut seperti tertuang dalam Perda No.9 Tahun 2021 tentang Penyandang Disabilitas.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo, mengatakan, alangkah lebih baik jika penyandang disabilitas diminta agar dapat menunjukkan kemampuan, minat dan bakat yang dimiliki, untuk mendapatkan kesetaraan hak.

Baca Juga: V BTS Raih Likes Terbanyak Kurang dari 24 Jam, Pecahkan Rekor Lisa BLACKPINK di Instagram

Tujuannya, agar penyandang disabilitas dapat menjadi mandiri, semakin tangguh dan tumbuh lebih hebat. Jika penyandang disabilitas bisa mandiri, maka stigma negatif terkait penyandang disabilitas menjadi beban masyarakat atau beban pembangunan dapat dihilangkan.

''Maka, perlu ada pemberian kesempatan kepada para penyandang disabilitas, agar dapat bekerja atau tampil dengan talenta dan kemampuan yang dimilikinya. Untuk menjadikan mereka memiliki hak sama dengan orang lain pada umumnya, khususnya dalam mendapatkan pekerjaan,'' ujar dia, Rabu (8/12).

Menurut Anang Budi Utomo, walaupun penyandang disabilitas pada dasarnya memiliki kekurangan, baik secara fisik maupun mental, namun banyak dari mereka ternyata mendapatkan anugerah dari Allah sehingga mempunyai kelebihan yang dapat menutupi kekurangannya itu dalam mengarungi kehidupan.

Baca Juga: Tagar #BoikotJNE Trending di Twitter, Bermula dari Syarat Lowongan Kerja

''Kami berkeinginan, mereka dalam praktek kehidupan sehari-hari, nantinya dapat memenuhi kebutuhannya sebagai halnya manusia pada biasanya. Ini menjadikan pemerintah berkewajiban untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, agar dapat bekerja atau berkarya dengan baik,'' papar dia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSI-DMI Siapkan Entrepreneur Berbasis Masjid

Jumat, 14 Januari 2022 | 03:42 WIB

Hotel Dafam Pekalongan Kunjungan di Suara Merdeka

Kamis, 13 Januari 2022 | 22:58 WIB
X