Pemkab Demak Dorong Pertumbuhan Kampung Ternak

- Kamis, 2 Desember 2021 | 10:12 WIB
Bupati Demak Eisti'anah bersama Wabup Ali Makhsun saat meninjau kampung ternak di Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak Eisti'anah bersama Wabup Ali Makhsun saat meninjau kampung ternak di Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Mendorong minat peternak untuk membudidayakan ternak ruminansia kecil, Pemerintah Kabupaten Demak membentuk kampung ternak di Desa/Kecamatan Kebonagung.

Melalui kampung ternak tersebut diharapkan terkelola dengan manajemen pemeliharaan dan pemasaran yang lebih baik serta didukung administrasi kelembagaan.

Bupati Demak Hj Eisti'anah yang berkunjung ke kampung ternak tersebut menyebut peternakan di daerahnya merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Selama ini usaha peternakan hanya terfokus pada hewan besar, seperti sapi dan kerbau saja.

Baca Juga: Harga Minyak Menetap Lebih Rendah Usai Kegagalan Reli dan Peningkatan Penjualan

Masyarakat kurang berminat pada ternak ruminansia kecil seperti kambing atau domba, padahal potensi ternaknya cukup besar.

"Maka kami mendorong agar bertumbuh kampung-kampung ternak ruminansia kecil agar pengelolaan dan pendampingan semakin baik," katanya didampingi Wakil Bupati KH Ali Makhsun dan Plt Kadinas Pertanian dan Pangan, Agus Herawan.

Populasi ternak di Kabupaten Demak menurut bupati cukup besar.

Hingga akhir Oktober 2021, tercatat jumlah ternak kambing mencapai 56.328 ekor, domba 68.311 ekor, ayam petelur 37.844 ekor, dan itik 229.157 ekor.

Baca Juga: Pakar Keamanan Pangan IPB Ingatkan BPOM Tidak Diskriminatif Buat Aturan Pangan

Jumlah itu masih perlu ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan pasar serta dalam rangka menyediakan pangan hewani benilai gizi tinggi bagi masyarakat.

Diakui bupati, pengembangan usaha peternakan membutuhkan koordinasi dan kerja sama sinergi antara pemerintah, stakeholders terkait, dan masyarakat atau peternak.

Sebagai bentuk kepedulian, pemerintah memberikan bantuan ternak kepada kelompok tani ternak untuk dikembangbiakkan.

"Kepada pengurus kelompok tani ternak penerima bantuan, saya minta agar memanfaatkan bantuan dengan maksimal. Kembangkan ternak menjadi lebih banyak, karena ini muaranya adalah bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan," ucap bupati.

Baca Juga: Emas Berbalik Menguat pada Akhir Perdagangan Didorong Pelemahan Dolar

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi C DPRD Demak Fokus Penataan Kawasan Kumuh

Sabtu, 24 Desember 2022 | 04:27 WIB

Bapemperda DPRD Demak Hasilkan 10 Perda

Selasa, 20 Desember 2022 | 21:52 WIB
X