Pemkab Demak Dorong Pertumbuhan Kampung Ternak

- Kamis, 2 Desember 2021 | 10:12 WIB
Bupati Demak Eisti'anah bersama Wabup Ali Makhsun saat meninjau kampung ternak di Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak Eisti'anah bersama Wabup Ali Makhsun saat meninjau kampung ternak di Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Mendorong minat peternak untuk membudidayakan ternak ruminansia kecil, Pemerintah Kabupaten Demak membentuk kampung ternak di Desa/Kecamatan Kebonagung.

Melalui kampung ternak tersebut diharapkan terkelola dengan manajemen pemeliharaan dan pemasaran yang lebih baik serta didukung administrasi kelembagaan.

Bupati Demak Hj Eisti'anah yang berkunjung ke kampung ternak tersebut menyebut peternakan di daerahnya merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Selama ini usaha peternakan hanya terfokus pada hewan besar, seperti sapi dan kerbau saja.

Baca Juga: Harga Minyak Menetap Lebih Rendah Usai Kegagalan Reli dan Peningkatan Penjualan

Masyarakat kurang berminat pada ternak ruminansia kecil seperti kambing atau domba, padahal potensi ternaknya cukup besar.

"Maka kami mendorong agar bertumbuh kampung-kampung ternak ruminansia kecil agar pengelolaan dan pendampingan semakin baik," katanya didampingi Wakil Bupati KH Ali Makhsun dan Plt Kadinas Pertanian dan Pangan, Agus Herawan.

Populasi ternak di Kabupaten Demak menurut bupati cukup besar.

Hingga akhir Oktober 2021, tercatat jumlah ternak kambing mencapai 56.328 ekor, domba 68.311 ekor, ayam petelur 37.844 ekor, dan itik 229.157 ekor.

Baca Juga: Pakar Keamanan Pangan IPB Ingatkan BPOM Tidak Diskriminatif Buat Aturan Pangan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Karangawen Terbakar, 229 Los dan Kios Ludes

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:36 WIB

Perempuan Nelayan Jadi Tumpuan

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:32 WIB

Bayar PBB-P2 Tepat Waktu, Warga Gajah Dapat Mobil

Kamis, 23 Desember 2021 | 21:09 WIB

Kerukunan Beragama Jadi Alat Pemersatu Bangsa

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:24 WIB
X