Inspektorat Didorong sebagai Peringatan Dini Pencegahan Korupsi

- Selasa, 30 November 2021 | 21:30 WIB
Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin membuka Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Provinsi Jawa Tengah, di Kantor Inspektur Provinsi Jateng, Selasa (30/11).(sm/dok) 
Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin membuka Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Provinsi Jawa Tengah, di Kantor Inspektur Provinsi Jateng, Selasa (30/11).(sm/dok) 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya melakukan pencegahan korupsi.

Kolaborasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) diperlukan untuk mengoptimalkan pencegahan korupsi.

''Saya senang upaya-upaya pencegahan korupsi terus didorong dalam satu aksi nyata, gerakan, kampanye, dan kegiatan edukasi,'' kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin saat membuka Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 di Kantor Inspektur Provinsi, Jateng kemarin.

Baca Juga: Menko Airlangga Sebut Kaum Muda Memiliki Peran Besar Menentukan Arah dan Manfaat Recovery dalam Presidensi G20

Larwasda tersebut menghadirkan dua narasumber, Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Jateng, Gunawan, serta Koordinator Kejaksaan Tinggi Jateng,  Mohammad Ahsan Thamrin.

Membacakan sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Taj Yasin mengatakan, dirinya heran di Jateng masih ada yang korupsi, hingga ada yang kena OTT KPK.

Terbaru Bupati Banjarnegara setelah sebelumnya Bupati Klaten, Bupati Purbalingga, Walikota Tegal, Bupati Kudus dan Bupati Jepara  juga terjaring OTT oleh KPK-RI.

Padahal proses pencegahan korupsi melalui penguatan sistem tata kelola pemerintah terus dilaksanakan seiring dengan pembangunan integritas secara masif di  Jateng.

Baca Juga: Kenangan Bersama Pak Korea, Legenda Basket Jateng

Selanjutnya, yang penting adalah bahwa temuan dan rekomendasi Inspektorat Provinsi Jawa Tengah bisa memberikan nilai tambah bagi perbaikan kinerja Pemerintah Daerah dan OPD, memberikan solusi atas masalah, dan yang paling penting.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X