Bela Diri Hadapi Pencuri, Kakek di Demak Dituntut Dua Tahun Penjara

- Selasa, 30 November 2021 | 15:02 WIB

DEMAK, suaramerdeka.com – Kasmito atau yang akrab dipanggil Mbah Minto (74 tahun) warga Demak dituntut dua tahun penjara karena membela diri melawan seorang pencuri.

“Majelis hakim Pengadilan Negeri Demak menyatakan bahwa Kasmito bin Jasmani telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap orang lain hingga menimbulkan luka berat,” tutur jaksa penuntut umum Handi Christian saat membacakan tuntutannya, Senin (29/11).

Handi melanjutkan, majelis hakim menjatuhi terdakwa pidana selama dua tahun penjara dikurangkan selama terdakwa ditahan dan memerintahkan terdakwa tetap di tahanan

Baca Juga: KRI Usman Harun Dimodernisasi Len Industri, Canggihnya Selevel Fregat

Bukti yang ditunjukkan berupa sebuah celurit bergagang kayu sepanjang 43 cm, barang bukti tersebut akan dimusnahkan. Mbah Minto juga diminta membayar biaya perkara sebesar Rp 5 ribu.

Permohonan restorative justice atau penyelesaian perkara di luar sidang terhada kasus Mbah Minto ditolak. Jaksa meyakini Mbah Minto melanggar Pasal 351 ayat (2) KUHP dan merupakan kasus penganiayaan berat.

Kasus ini berawal dari s warga yang menemukan seorang pemuda dengan luka bacok di lengan kiri dan leher sebelah kanan pada 7 September 2021.

Baca Juga: Lansia Datangi Konser BTS, ARMY Terharu: Musisi Sejati Guncang Hati Tanpa Pandang Usia

Warga membawa pemuda itu dan melapor ke Polres Demak. Penyelidikan kepolisian pun dilakukan dan korban diperiksa.

Penyelidikan tersebut menemukan Kasmito yang diduga sebagai pelaku pembacokan pemuda itu. Hasil tersebut ditemukan berdasarkan pemeriksaan terhadap korban dan sejumlah saksi.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perempuan Nelayan Jadi Tumpuan

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:32 WIB

Bayar PBB-P2 Tepat Waktu, Warga Gajah Dapat Mobil

Kamis, 23 Desember 2021 | 21:09 WIB

Kerukunan Beragama Jadi Alat Pemersatu Bangsa

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:24 WIB
X