Pemkab Demak Siap Siaga Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Ini Tiga Bencana yang Kemungkinan Terjadi

- Senin, 29 November 2021 | 09:03 WIB
Bupati Hj Eistianah bersama jajaran Forkopimda memeriksa peralatan penanganan bencana di Alun-alun Simpang Enam saat Apel Siaga Kebencanaan. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)
Bupati Hj Eistianah bersama jajaran Forkopimda memeriksa peralatan penanganan bencana di Alun-alun Simpang Enam saat Apel Siaga Kebencanaan. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Sebagai langkah antisipasi potensi bencana yang muncul saat musim hujan, Pemerintah Kabupaten Demak menggelar apel siaga di Alun-alun Simpang Enam.

Apel Siaga yang dipimpin Bupati Demak Hj Eisti'anah tersebut diikuti personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim 0716/Demak, Polres Demak, Bagana, PMI, sukarelawan bencana, anggota Linmas dan Ormas.

Bupati menyampaikan, secara geografis Kabupaten Demak berada di wilayah hilir yang memposisikan Kota Wali sebagai daerah rawan bencana.

Baca Juga: Bupati Demak Akui Peran PGRI Majukan Kualitas Pendidikan

Terdapat tiga potensi bencana pada musim penghujan, yakni banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Sehubungan itu perlu kesiapsiagaan seluruh personel lintas sektoral guna mengantisipasi potensi bencana agar dapat meminimalisasi risiko.

"Apel siaga kali ini merupakan upaya preventif dalam menghadapi musim penghujan, serta penanggulangan bencana. Di samping bertujuan untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor terkait kebencanaan," kata bupati.

Baca Juga: Plot+ Design Juarai Sayembara Desain Perluasan Kawasan Perkotaan Demak

Pemkab Demak berharap dengan adanya kesiapsiagaan maka penanganan bencana akan lebih mudah, lebih murah dan meminimalisasi kerugian.

Langkah penting lainnya adalah deteksi dini potensi bencana yang diharapkan dapat melakukan tindakan pencegahan terjadinya bencana.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perempuan Nelayan Jadi Tumpuan

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:32 WIB

Bayar PBB-P2 Tepat Waktu, Warga Gajah Dapat Mobil

Kamis, 23 Desember 2021 | 21:09 WIB

Kerukunan Beragama Jadi Alat Pemersatu Bangsa

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:24 WIB
X