Desa Candi Jadi Percontohan Pengembangan Seni Budaya Lokal

- Minggu, 28 November 2021 | 12:17 WIB
Wisatawan berada di Pelataran Candi I Gedongsongo yang dibuka terbatas dengan ketentuan protokol kesehatan ketat, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)
Wisatawan berada di Pelataran Candi I Gedongsongo yang dibuka terbatas dengan ketentuan protokol kesehatan ketat, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang terpilih menjadi lokasi Program Pemajuan Kebudayaan Desa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Melalui program ini, berbagai potensi kebudayaan di Desa Candi akan dikembangkan sehingga dapat lebih dikenal masyarakat.

“Kegiatan kali ini dititikberatkan pada pemberdayaan warga setempat untuk mengembangkan potensi seni dan budaya lokal,” kata penggiat budaya Kabupaten Semarang, Muhammad Fajar Afiatno disela Pembukaan Lokakarya di Balai Desa Candi, kemarin.

Lokakarya dibuka Wakil Bupati Semarang, Basari ditandai dengan pemukulan kentongan.

Baca Juga: Banjir di Rancaekek Surut, Lintas Selatan KA yang Sempat Lumpuh 4,5 Jam Kembali Normal

Dalam sambutannya, ia meminta para peserta dapat menyerap ilmu yang disampaikan dengan baik.

Basari berharap, generasi muda Desa Candi harus mampu menciptakan inovasi guna mengembangkan potensi seni budaya dan pariwisata yang ada.

Desa Candi menjadi penyangga Obyek Wisata Candi Gedongsongo yang menjadi andalan Kabupaten Semarang. Kreasikan seni tari maupun kuliner dan potensi lainnya agar menjadi ciri khas yang menarik,” ujar Basari.

Kajian bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebutkan bahwa Desa Candi dipilih sebagai tempat percontohan pengembangan seni budaya lokal.

Baca Juga: Amanda Manopo Punya 'Teman Baru', Ini Pengakuannya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Gempa Swarm Kembali Guncang Ambarawa

Jumat, 14 Januari 2022 | 19:34 WIB

BPN Serahkan 645 Sertifikat Aset Pemkab Semarang

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:45 WIB

Misa Natal 2021, Seluruh Gereja Sudah Disterilkan

Jumat, 24 Desember 2021 | 20:00 WIB

170 Pesepeda Ikuti Heritage Tour de Java

Selasa, 21 Desember 2021 | 16:25 WIB
X