Masa Depan Anak Ditentukan Gizi yang Baik, Stunting Wajib Dicegah

- Kamis, 10 Juni 2021 | 21:24 WIB

KENDAL, suaramerdeka.com - Stunting harus benar-benar dicegah. Sebab, dampaknya akan sulit untuk diperbaiki dan mempengaruhi masa depan anak-anak.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica pada video conference bersama tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Kendal di Ruang Ngesti Widdhi, Rabu (9/6/2021).

Disampaikan, stunting menunjukkan kurangnya gizi yang terjadi kepada anak di awal pertumbuhan dan perkembangannya.

Baca Juga: Ilmuwan Australia Temukan Fosil Dinosaurus Titan Selatan Spesies Terbesar

“Stunting ini tidak hanya berdampak pada tubuh pendek, namun juga memiliki banyak dampak buruk bagi anak. Karena kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak aspek, mulai dari aspek pendidikan hingga ekonomi,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan lebih fokus kepada penanganan stunting di wilayahnya.

Dokter spesialis gizi dan nutrisi Mesty Ariotedjo menjelaskan, stunting dapat mempengaruhi pada perkembangan dari kecil hingga dewasa. Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Baca Juga: Dispuspa Kabupaten Magelang Raih Penghargaan Kearsipan

Ditambahkan, stunting juga akan memengaruhi kecerdasan pada anak, di mana biasanya anak stunting memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga akan berdampak pada prestasi belajarnya.

“Selain itu, sistem imun tubuh anak tidak baik, dan anak akan mudah sakit. Kemudian anak akan lebih tinggi berisiko menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker,” jelas Mesty.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: jatengprov

Tags

Terkini

Putus Rantai Covid-19, Fasilitas Umum Ditutup

Jumat, 18 Juni 2021 | 15:36 WIB

UKSW Salatiga Tambah Tiga Guru Besar di FEB

Kamis, 17 Juni 2021 | 17:38 WIB

Hendi Prioritaskan Vaksinasi Menyasar Guru Paud

Kamis, 17 Juni 2021 | 17:36 WIB
X