Kasus Ujaran Kebencian, Oknum Advokat di Semarang Divonis 9 Bulan

- Senin, 22 November 2021 | 18:37 WIB
Sidang dengan agenda putusan/vonis dalam kasus ujaran kebencian bernada SARA melalui Facebook dengan terdakwa seorang oknum advokat digelar di PN Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Sidang dengan agenda putusan/vonis dalam kasus ujaran kebencian bernada SARA melalui Facebook dengan terdakwa seorang oknum advokat digelar di PN Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang menjatuhkan vonis 9 bulan penjara terhadap seorang oknum advokat di Semarang, R Winindya Satriya, dalam kasus ujaran kebencian bernada SARA melalui Facebook.

Vonis tersebut dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai Pesta Partogi Hasiholan Sitorus, dalam sidang yang digelar di PN Semarang, Senin, 22 November 2021.

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Baca Juga: Polrestabes Semarang Ungkap Praktik Prostitusi Online, Modusnya Lowongan Pekerjaan

"Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 9 bulan, dikurangi lamanya masa tahanan yang dijalani terdakwa," kata hakim dalam amar putusannya.

Hakim menyatakan, terdakwa Satriya melanggar Pasal 45A Ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang Undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Selain pidana penjara, hakim juga menghukum Satriya untuk membayar denda sebesar Rp 10 juta.

Dengan ketentuan jika tidak dibayarkan, maka diganti dengan hukuman 2 bulan penjara.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Guru Nasional yang Diperingati Setiap 25 November

Vonis tersebut lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum Kejati Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSI-DMI Siapkan Entrepreneur Berbasis Masjid

Jumat, 14 Januari 2022 | 03:42 WIB

Hotel Dafam Pekalongan Kunjungan di Suara Merdeka

Kamis, 13 Januari 2022 | 22:58 WIB
X