Dinkes Jateng: 18 Persen Masyarakat Tidak Taat Prokes

- Rabu, 9 Juni 2021 | 17:33 WIB
Kepala Dinkes Jateng dr Yulianto Prabowo, M.Kes./Foto: Jatengprov.go.id
Kepala Dinkes Jateng dr Yulianto Prabowo, M.Kes./Foto: Jatengprov.go.id


SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyebutkan masih ada 18 persen masyarakat yang tidak taat terhadap protokol kesehatan meski kasus terus mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah Kudus dan merembet ke daerah lain di eks Karesidenan Pati itu, tidak lepas dari menurunnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"strateginya sama apapun variannya, strateginya ya masyarakat lakukan protokol kesehatan 3M. Lalu kita lakukan 3T dan vaksinasi," katanya di Semarang, Selasa 8 Juni 2021.

Menurutnya faktor lain tidak hanya soal menurunnya protokol kesehatan tetapi adanya kurang adanya pemahaman dan kepercayaan masyarakat, yang menilai Covid-19 tidak berbahaya dan tidak ada atau isu saja.

Baca Juga: Survei Toleransi dan Radikalisme di Jabar, di Tingkat Pergaulan Akur Soal Figur Pilih Bertempur

Untuk itu, Yulianto juga meminta peran aktif tokoh agama dan tokoh masyarakat memberi penjelasan kepada warganya. Utamanya, untuk menggiatkan kembali pemakaian masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

"kita berharap semakin banyak yang divaksin, kasusnya semakin turun. Tracing dan testing. Dan yang paling penting itu ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” ungkapnya.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X