Menjaga Kelestarian Sumber Mata Air, DLH Ajak Warga Ngopeni Sendang

- Jumat, 19 November 2021 | 17:26 WIB
FOTO BERSAMA: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Semarang foto bersama usai bersihkan Sendang Gede Desa Wisata Kandri Gungpati dalam rangka ngopeni sendang, Jumat 19 November 2021 (suaramerdeka.com/dok)
FOTO BERSAMA: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Semarang foto bersama usai bersihkan Sendang Gede Desa Wisata Kandri Gungpati dalam rangka ngopeni sendang, Jumat 19 November 2021 (suaramerdeka.com/dok)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang mengajak warga di Desa Kandri Gunungpati Semarang untuk menjaga kelestarian sumber mata air yang bersumber dari sendang.

Untuk itu sebagai bentuk perhatian terhadap sendang, DLH Semarang beserta masyarakat sekitar melakukan kegiatan bersih-bersih Sendang Gede di Desa Wisata Kandri dan sebagai simbolis menanam 106 pohon sukun, Jumat 19 November 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Sapto Adi Nugroho menerangkan, tujuan dari kegiatan ngopeni sendang atau menjaga kelestarian sendang untuk mempertahankan sumber-sumber mata air mengingat sumber mata air di Kota Semarang semakin menipis.

Baca Juga: Gadgetmu Bisa jadi Ancaman, Yuk Dioptimasi Biar Lebih Manfaat

Termasuk kegiatan ngopeni sendang juga bagian dari lingkungan hidup yang vital dan menandakan bahwa sendang yang ada di Semarang masih aktif.

"Dengan demikian berarti ekosistem di daerah tersebut masih dalam kondisi bagus. Untuk itu kami mencoba mendorong masyarakat sekitar nguri-nguri dan menjaga serta merawat sumber mata air sendang," ujarnya.

Disamping itu, pihaknya juga ingin mencoba membangkitkan kembali kegiatan agar masyarakat di sekitar sendang tak henti-hentinya menjaga kelestarian sendang. Kemudian dengan adanya penanaman pohon sukun nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai cadangan pangan.

Baca Juga: Ini Alasan Kalian harus Nonton Drama Now We Are Breaking Up, Simak Fakta Menariknya!

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rob Rendam 700 Rumah di Tambaklorok Semarang

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:10 WIB
X