Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu 2021

- Jumat, 19 November 2021 | 10:30 WIB
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah. (suaramerdeka.com / dok Balai Bahasa)
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah. (suaramerdeka.com / dok Balai Bahasa)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu di Hotel Lorin, Surakarta, pada 19-22 November 2021.

Kegiatan tersebut dikemas Balai Bahasa dalam bentuk lomba-lomba untuk siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se-Jawa Tengah.  

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah, mengatakan semakin berkurangnya minat generasi muda untuk mempelajari dan mengembangkan bahasa dan budaya Jawa menjadi keprihatinan tersendiri.

Padahal di tangan generasi muda inilah nasib budaya Jawa ini akan ditentukan ke depannya.

Baca Juga: Ribuan Data Personel Polri Bocor, Pakar Singgung Rendahnya Awareness

“Oleh karena itu, Balai bahasa menyelenggarakan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu sebagai upaya memberikan wadah bagi generasi muda dalam melestarikan bahasa dan sastra Jawa. Harapannya generasi muda dapat lebih minat mempelajari dan mengembangkan bahasa dan budaya Jawa,” kata Ganjar.

Ganjar menyatakan festival ini merupakan puncak dari rangkaian acara revitalisasi bahasa Jawa dari mulai koordinasi pemangku kepentingan di Pemda, pelatihan guru master, pengajaran kepada siswa, pemantauan, hingga acara Festivak Tunas Bahasa Ibu ini.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ery Agus Kurnianto, menjelaskan terdapat berbagai lomba bagi siswa SD dan SMP tingkat Jawa Tengah, antara lain, membaca gurit, menulis gurit, pidato, mendongeng, membaca aksara jawa, serta menulis aksara Jawa.

Baca Juga: Oktober 2021, Neraca Perdagangan Indonesia Surplus 5,73 Miliar Dolar AS

“Para peserta lomba adalah yang terbaik di kabupaten/kota yang dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Akan dipilih para pemenang yang berhak atas piala dan uang pembinaan dari juara I, II, dan III serta juara harapan I, II, dan III,” jelas Ery.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSI-DMI Siapkan Entrepreneur Berbasis Masjid

Jumat, 14 Januari 2022 | 03:42 WIB

Hotel Dafam Pekalongan Kunjungan di Suara Merdeka

Kamis, 13 Januari 2022 | 22:58 WIB
X