Suara Merdeka Ngobrol Sore dengan WCD: Hidup Bersih Harus Dimulai dari Diri Sendiri

- Jumat, 19 November 2021 | 08:00 WIB
Bincang sore World Clean-up Day (WCD) bersama Suara Merdeka Network di Balai Kota Semarang, Kamis, 18 November 2021. (Suaramerdeka.com/Agus Toto W)
Bincang sore World Clean-up Day (WCD) bersama Suara Merdeka Network di Balai Kota Semarang, Kamis, 18 November 2021. (Suaramerdeka.com/Agus Toto W)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, sebelum akhirnya aksi positif itu dapat diajarkan kepada orang lain yang berada di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan Sekjen Komunitas World Cleanup Day (WCD) Septiany Punti Dewi dalam bincang sore bersama Sahabat SM dari Komunitas Milenial Pemungut Sampah, di Pendopo Balai Kota Semarang, Kamis 18 November 2021.

"Harapannya, masyarakat akan tergerak hatinya agar tidak lagi cuek dengan kebersihan lingkungan sekitarnya. Tidak hanya keinginan yang datang dari diri sendiri, menjaga kebersihan juga harus melibatkan panggilan yang datang secara religius."

"Mereka dapat bergotong royong dan menunjukkan kepeduliannya akan hal tersebut. Jadi masyarakat yang tadinya masih suka membuang sampah secara sembarangan, diharapkan tersadarkan dan mulai mengubah pola pikirnya untuk memulai hidup yang lebih baik dengan mengurangi dan memilah sampah,'' ujar Sekjen WCD.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 19 November: Berawan, Berpotensi Diguyur Hujan Berintensitas Ringan

Selama ini, kata dia, WCD Semarang selalu mengajak komunitas-komunitas lainnya dalam bekegiatan bahkan dengan instansi pemerintahan.

Misalnya saja dengan Seangle (komunitas peduli kelestarian lingkungan yang berfokus kepada pencemaran air), Gembel Crew, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi), dan lainnya.

Kebanyakan relawan datang dari kalangan mahasiswa, walaupun sebenarnya keanggotaan dalam WCD tidak dibatasi usia dan status strata sosial.

"Kami ingin agar melalui gerak bersama, masyarakat nantinya akan menjadi lebih baik lagi. Mulai dari anak kecil hingga lansia semua boleh gabung, asalkan memang ada keinginan untuk bergerak menjaga kebersihan lingkungan. Kami berkeinginan agar pemerintah juga bisa ikut serta dalam mendukung gerakan menjaga kebersihan melalui adanya penetapan sejumlah regulasi,'' papar dia.

Baca Juga: Warga Sumedang yang Hilang Misterius Telah Ditemukan, Polisi Siapkan Pasal

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semarang Jadi Kota Pembangunan Terbaik di Indonesia

Minggu, 28 November 2021 | 22:20 WIB

Kota Semarang Tuan Rumah AHL Germas Tingkat Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 19:26 WIB

HUT Korpri Ke-50, Polres Semarang Gelar Baksos

Jumat, 26 November 2021 | 22:21 WIB

KPU Kota Semarang Catat 137 Pemilih Baru

Kamis, 25 November 2021 | 21:38 WIB
X