Ormas Expo 2021: Persadani Dampingi Mantan Napiter Kembali Bermasyarakat

- Kamis, 18 November 2021 | 17:33 WIB
Persadani mengikuti Ormas-Ngo Expo 2021sebagai bagian dari peran sertanya dalam bermasyarakat. Pengurus foto bersama di stand pameran, Selasa (16/11). (suaramerdeka.com/Slamet Daryono)
Persadani mengikuti Ormas-Ngo Expo 2021sebagai bagian dari peran sertanya dalam bermasyarakat. Pengurus foto bersama di stand pameran, Selasa (16/11). (suaramerdeka.com/Slamet Daryono)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Yayasan Putra Persaudaraan Anak Negeri (Persadani) menjadi peserta Ormas-Ngo Expo 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Forum Komunikasi ormas Semarang Bersatu (FKSB), di Pollux Paragon Mall Semarang, 17-19 November 2021.

Kehadiran yayasan yang didirikan sejumlah orang mantan narapidana teroris (napiter) di Semarang, mewarnai dinamika Ormas dan Ngo di Ibu Kota Jawa Tengah ini, dalam pemenuhan hak asasi manusia (HAM), sebagaimana tema pameran kali ini.

Ketua Persadani Machmudi Hariono, menyampaikan, tujuan dibentuknya yayasan pada 28 Maret 2020 itu, untuk menampung semua napiter yang sudah bebas.

Selain itu, melakukan pendampingan bagi mereka, sejak ditangkap, menjalani persidangan, hukuman, hingga bebas.

Baca Juga: Rilis Film Pendek ‘All Too Well’, Taylor Swift Siratkan Makna Tersembunyi

“Pendampingan yang kami lakukan sifatnya pemberdayaan ekonomi. Sebab kita mengtahui bahwa ketika keluar dari Lapas, temen temen belum mempunyai gambaran usaha apa yang akan dilakukan."

"Maka dari itu, kita mencoba rangkul untuk bersama-sama dalam perkumpulan ini. Dengan harapan kita bisa berkonstribusi untuk bangsa dan negara bersama pemerintah,” kata dia.

Menurut Machmudi, Persadani yang saat ini anggotanya berjumlah 32 orang itu, melakukan kerja-kerja sosial untuk mendukung ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, atau diistilahkan dengan ketahanan pangan.

Karena itu, lanjut dia, sebagai yayasan, Persadani ingin hadir di masyarakat dengan aktivitas nyata yang hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

Baca Juga: Selain jadi Penyedap Masakan, Serai Punya 4 Manfaat Bagi Tubuh

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X