Ormas Expo 2021: Dekase, Jembatan Hubungan Seniman dan Penguasa

- Kamis, 18 November 2021 | 12:54 WIB
Salah satu kegiatan yang digelar Dekase. (foto: dok Dekase)
Salah satu kegiatan yang digelar Dekase. (foto: dok Dekase)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dewan Kesenian Semarang atau yang biasa dipanggil Dekase merupakan organisasi mitra kerja Pemerintah Kota Semarang yang bertugas ikut menyukseskan pembangunan masyarakat dalam bidang seni-budaya.

Dekase secara resmi didirikan atas dasar Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 1995.

Sebelum instruksi tersebut, Dewan Kesenian Semarang telah didirikan oleh seniman dan budayawan Semarang yang saat itu diketuai oleh almarhum Prof Retmono.

Ketua I Dewan Kesenian Semarang Marco Manardi mengatakan bahwa tujuan berdirinya Dekase ini sebagai sarana atau jembatan hubungan antara seniman dan penguasa.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 18 November: Berawan, Ada Potensi Diguyur Hujan Berintensitas Ringan

“Tujuannya yaitu sebagai sarana atau jembatan hubungan antara seniman dan penguasa, mengakomodir aspirasi seniman, dan menggiatkan atau menggugah iklim berkesenian di kota Semarang,” katanya.

Selain itu, Dekase memiliki empat visi dan misi yang diantaranya untuk memperjuangkan dan mengangkat pelaku seni Semarang.

“Memperjuangkan dan mengangkat pelaku seni Semarang, meningkatkan iklim berkesenian di kota Semarang, memperjuangkan ruang untuk beraktifitas pelaku seni, menjadi mitra dan sekaligus sebagai kontrol sosial atas kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan seni dan budaya,” kata Marco.

Baca Juga: Semarang Night Carnival 2021, Momentum Bangkitkan Wisata Indonesia

Dewan Kesenian Semarang terdiri dari masyarakat seni kota Semarang dari berbagai genre seni, seperti fotografi, sastra, pewayangan dan pewara, tari, lawak, seni rupa, sinema, teater, dan musik.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB

Omicron Masuk Jawa Tengah

Sabtu, 22 Januari 2022 | 01:18 WIB
X