Demo Buruh Tuntut Gubernur Ganjar Naikan UMK 16 Persen

- Rabu, 17 November 2021 | 16:59 WIB
Aliansi Buruh Jawa Tengah melakukan demontrasi di Kantor DPRD Gubernuran Jawa Tengah (sm/dok)
Aliansi Buruh Jawa Tengah melakukan demontrasi di Kantor DPRD Gubernuran Jawa Tengah (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sekitar lebih dari 100 buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Tengah melakukan demontrasi di Kantor DPRD Gubernuran Jawa Tengah.

Dengan membawa berbagai macam tulisan sindiran dan tuntutan mereka meminta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo agar menaikan upah sebesar 16 persen di Jawa Tengah.

Ada banyak tulisan sindiran yang mereka bawa, yang sebelumnya sambil mereka bawa saat longmarch dari Jalan Ronggowarsito-Bubakan-Johar Lama-Jalqn Pemuda- Pandanaran-Simpanglima hingga sampai di depan gerbang Kantor DPRD Gubernuran.

Baca Juga: Agensi Konfirmasi Chen EXO Tengah Sambut Anak Kedua, Begini Reaksi Fans

Adapun beberapa tulisan tersebut diantaranya bertuliskan "Semua harga naik kecuali harga keringat tenaga dan pikiran kami. Batalkan omnibuslaw untuk 2022 wajib naik 16 persen".

"Cintamu tak sekejam upahku upah buruh", "Apakah buruh harus telanjang dan tinggal di trotoar hanya berdasarkan pada konsumsi" dan "Selalu berjuang melawan pandemi kami berjuang menghidupi anak istri" serta masih banyak lagi.

Juru Bicara Aliansi Buruh Jawa Tengah, Karmanto mengatakan, buruh selalu menjadi pihak tertindas. Dituntut bekerja maksimal, tetapi diberi upah minimal.

Kebijakan pemerintah bukannya menunjukkan keadilan dan kesejahteraan malah justru memicu petaka bagi rakyat kecil. Para penentu kebijakan hanya berpikir ‘investasi’, tetapi dengan cara menggilas keringat buruh.

"Salah satu bukti nyata kebijakan yang mencekik buruh adalah rencana Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2022 dipastikan akan mengacu kepada Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (Omnibus Law) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan," ujarnya.

Baca Juga: Kalender Jawa November 2021: Ini Daftar Hari Buruk yang Harus Dihindari

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemenang Semargres Terima Hadiah Mobil

Jumat, 23 September 2022 | 20:47 WIB

Semakin Seru Kuliner Kauman Tambah Wahana Bermain Anak

Jumat, 23 September 2022 | 15:48 WIB
X