Indonesia Diproklamirkan di Atas Keberagaman, Harus Saling Menghormati

- Rabu, 17 November 2021 | 03:56 WIB
Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik (tengah) menyampaikan sambutan saat konferensi pers Festival HAM 2021 di Hotel PO Semarang, Jalan Pemuda No 118 Semarang, Selasa (16/11). (Foto/Siswo Ariwibowo)
Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik (tengah) menyampaikan sambutan saat konferensi pers Festival HAM 2021 di Hotel PO Semarang, Jalan Pemuda No 118 Semarang, Selasa (16/11). (Foto/Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pendiri bangsa Indonesia memahami, bahwa sejak dulu Indonesia terbentuk dari keberagaman yang ada.

Indonesia merupakan satu negara bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Maka, prinsip saling menghargai dan menghormati menjadi penting bagi bangsa Indonesia.

"Para pendiri bangsa menyadari ketika kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, semua bergerak bersama. 76 tahun kita merdeka itu tidak hal yang mudah," kata Ahmad Taufan Damanik saat konferensi pers Festival HAM 2021 di Hotel PO Semarang, Jalan Pemuda No 118 Semarang, Selasa, 16 November 2021.

Baca Juga: Festival HAM 2021, Ajang Ruang Dialog Multipihak Berbasis HAM

Selain Ahmad Taufan Damanik, turut hadir dalam konferensi pers, Direktur International NGO Forum on Indonesian Development (Infid) Sugeng Bahagijo, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, Tenaga Ahli Utama Bidang HAM KSP, Siti Ruhaini Dzulhayatin, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan lainnya.

Ahmad Taufan melanjutkan, perjalanan Indonesia dari dulu selalu diwarnai peristiwa-peristiwa konflik, misalnya ada kelompok merasa termarjinalkan, tidak diperhatikan, merasa didiskriminasi, maka akan terjadi konflik.

Oleh karena itu bagaimana semua pihak bergandeng tangan dalam meminimalisir adanya potensi gesekan-gesekan tersebut.

"Padahal Indonesia diproklamirkan di atas keberagaman. Maka, prinsip saling menghargai dan menghormati menjadi penting," imbuhnya.

Baca Juga: Ormas Expo 2021: Komnas HAM Puji Keragaman Warga Semarang

Ahmad Taufan melanjutkan, dengan adanya Festival HAM 2021 ini diharapkan menjadi modal dalam berkontribusi positif bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam hal pemenuhan hak asasi manusia (HAM).

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB

Omicron Masuk Jawa Tengah

Sabtu, 22 Januari 2022 | 01:18 WIB
X