Jawa Tengah Sumbang Cakupan Vaksinasi Lansia Terbesar di Indonesia

- Senin, 31 Mei 2021 | 13:30 WIB
Jawa Tengah vaksinasi lansia Indonesia
Jawa Tengah vaksinasi lansia Indonesia

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Provinsi Jawa Tengah menyumbang cakupan vaksinasi lansia terbesar di Indonesia.

Rata-rata nasional vaksinasi lansia di Jawa Tengah juga jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang mana pada dosis pertama sebesar 13,18 persen dan dosis kedua mencapai 8,85 persen.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengungkapkan capaian ini tidak terlepas dari kontribusi Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Ajakan Wali Kota Gunakan Kendaraan Umum, Begini Reaksi Netizen
Salah satunya Kabupaten Grobogan yang menjadi 10 besar penyumbang vaksinasi lansia di Provinsi Jawa Tengah.

''Kita patut bersyukur untuk Jawa Tengah sendiri, cakupan vaksinasi lansia dosis satu dan dua jauh diatas cakupan nasional. Jawa Tengah masing-masing 28,95 persen dan 22,67 persen. Ini kuar biasa sekali dengan strategi dan kolaborasi yang baik antar stakeholder terkait,'' kata Sekjen dalam sambutannya di peresmian Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, baru-baru ini, dilansir dari laman Kementerian Kesehatan.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Oscar pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dibutuhkan kolaborasi seluruh pihak.

Baca Juga: Pemkot Semarang Buka 3.532 Formasi CPNS, Terbanyak untuk P3K
Di antaranya keluarga khususnya anak dan kerabat dari para lansia, tokoh agama, tokoh masyarakat agar mereka terus memotivasi para lansia supaya bersedia divaksinasi.

Oscar menekankan capaian-capaian ini bisa terus ditingkatkan agar target 100 persen cakupan vaksinasi lansia di Provinsi Jawa Tengah dapat segera terealisasi.

"Kami berharap melalui kegiatan ini cakupan vaksinasi Covid-19 pada lansia meningkat dengan cepat," jelasnya.

"Sehingga semakin banyak lansia yang terlindungi dari bahaya Covid-19. Ini adalah bukti nyata kasih sayang dan bakti kita pada para orangtua/lansia,'' ungkapnya.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X