Ormas Expo 2021: IBI Kota Semarang, Puluhan Tahun Beri Pelayanan Kebidanan untuk Wujudkan Kesehatan Keluarga

- Senin, 15 November 2021 | 15:29 WIB
salah kegiatan IBI Kota Semarang. (foto: dok IBI Kota Semarang)
salah kegiatan IBI Kota Semarang. (foto: dok IBI Kota Semarang)

SEMARANG, suaramerdeka.com - IBI (Ikatan Bidan Indonesia) merupakan salah satu organisasi profesi yang berdiri sejak tanggal 24 Juni 1951. IBI memiliki peran dan tugas untuk memberikan pelayanan kebidanan yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga utamanya ibu dan anak.

Ketua IBI Kota Semarang, Hj Istirochah S SIT Bd MKes mengatakan, IBI Kota Semarang berdiri sejak 8 Janauri 1990.

Organisasi ini berlokasi di Jl Sendangguwo Baru V/44C Gemah Semarang.

Baca Juga: Hati-hati, Operasi Zebra di Kota Semarang Digelar Hari Ini, Berikut Ketentuannya

Imbauan ketua IBI ke semua anggota IBI Kota Semarang agar turut serta melakukan pembinaan posyandu minimal dilingkungan tempat tinggal, melakukan bakti sosial, dan upaya uapaya untuk mendukung program penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi serta penurunan angka Stunting.

Ia juga menambahkan IBI Kota Semarang harus berkontribusi terhadap upaya-upaya prefentif dan promotif didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Khususnya peningkatan kesehatan Ibu, Anak, KB, Kesehatan Reproduksi serta mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan stunting.

Baca Juga: Uniknya Destinasi Wisata Religi di Kota Semarang, Bukti Tingginya Pluralisme

Kemudian, beberapa kegiatan Positif juga dilakukan oleh IBI Semarang diantaranya seperti; Melakukan Pelayanan Keluarga Berencana dan Pemeriksaan IVA secara gratis di PMB (Praktik  Mandiri Bidan), melakukan Baksos dalam rangka peduli masyarakat banjir bandang di Kota Semarang, Peduli dengan Satgas Nakes Covid-19 di Puskesmas, RS, dan Masyarakat di Kota Semarang, dan sebagainya.

"Organisasi IBI kota Semarang temtumya tidak berjalan sendiri, kita juga menjalin kerja sama dengan beberapa Instansi swasta maupun Pemerintah Seperti, BKKBN, DinKes, Disdukcapil, Tokoh Masyarakat, tokoh masyarakat,Ibu PKK, SKD, PLKB, kemudian ada juga di Institusi Pendidikan dalam rangka peningkatan SDM-nya," kata Istirochah.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sungai Jebol, Mangkang Wetan Dilanda Banjir

Senin, 17 Januari 2022 | 19:20 WIB

BSI-DMI Siapkan Entrepreneur Berbasis Masjid

Jumat, 14 Januari 2022 | 03:42 WIB

Hotel Dafam Pekalongan Kunjungan di Suara Merdeka

Kamis, 13 Januari 2022 | 22:58 WIB
X