Ormas Expo 2021: FKPPI Bersama Masyarakat untuk Indonesia Bersatu dan Berdaulat

- Senin, 15 November 2021 | 06:30 WIB
Ketua Pengurus Cabang FKPPI 1133 Kota Semarang H Sutrisno SE (dua dari kiri) bersiap melakukan bedah rumah salah satu warga di Podorejo Ngaliyan. (suaramerdeka.com / dok)
Ketua Pengurus Cabang FKPPI 1133 Kota Semarang H Sutrisno SE (dua dari kiri) bersiap melakukan bedah rumah salah satu warga di Podorejo Ngaliyan. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) menjadi wadah berkumpulnya putra putri purnawirawan TNI-Polri dan putra putri TNI-Polri untuk besar di tengah masyarakat dalam rangka berbangsa dan bernegara.

Ketua Pengurus Cabang FKPPI 1133 Kota Semarang H Sutrisno SE, menyampaikan, dengan mengusung slogan “Bersatu dan Berdaulat”, FKPPI hadir untuk menggalang persatuan, kesatuan, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi putra putri purnawirawan dan putra putri TNI-Polri, serta menjaga tegaknya Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

FKPPI bertujuan mewadai putra-putri purnawirawan TNI-Polri dan putra-putri TNI-Polri untuk bisa memberikan suatu gerakan di masyarakat dalam rangka berbangsa dan bernegara, agar tidak keluar dari rel-rel yang ada di TNI-Polri,” kata dia.

Menurut Sutrisno, FKPPI pada mulanya dirintis pada tahun 1977.

Baca Juga: Bank Indonesia Terus Bergerak Sosialisasikan Cinta Bangga Paham Rupiah

Kemudian bertepatan dengan digelarnya Musyawarah Nasional PEBAPRI di Jakarta pada 12 September 1978, FKPPI diresmikan dengan ketua pertama dijabat Surya Paloh.

Pada 12 September ini ditetapkan menjadi hari lahir FKPPI.

Ia menjelaskan, pada awalnya, FKPPI hadir dengan nama Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia, sedangkan di Kota Semarang, FKPPI mulai eksis pada tahun 1979 dengan ketua dipercayakan kepada dr Jono Ulomo.

Seiring berjalannya waktu serta dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, menurut Sutrisno, nama kepanjangan FKPPI berubah menjadi Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri ABRI (tahun 1981).

Baca Juga: FKBN Perkuat Kesadaran Bela Negara dan Pertahankan Keutuhan NKRI

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB

Omicron Masuk Jawa Tengah

Sabtu, 22 Januari 2022 | 01:18 WIB
X