Cegah Tanah Longsor, Pemakaman Kembangarum Ditalud

- Jumat, 12 November 2021 | 22:25 WIB
Area di Pemakaman Kembangarum saat ini masih dalam proses pengerjaan pembuatan talud (sm/dok)
Area di Pemakaman Kembangarum saat ini masih dalam proses pengerjaan pembuatan talud (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemakaman Kembangarum memiliki konsep berterasering, sehingga ada jarak tertentu bertingkat antara makam yang berada di deret atas dengan di bawahnya.

Kondisi ini membuat tanah yang berada di atas akan tergerus dan turun meluncur ke bawah, jika terkena aliran air yang deras.

Untuk mencegah tanah yang longsor, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang kemudian melakukan pembuatan talud di dalam area pemakaman tersebut.

Baca Juga: Ria Ricis Nikah, Ini Profil Teuku Ryan Sang Suami

Kasi Penataan Permakaman Disperkim Kota Semarang, Djuniadi, mengatakan, beberapa waktu lalu di dalam area Pemakaman Kembangarum sempat ada beberapa tanah dari makam yang berada di atas mengalami penurunan dan menimbulkan gundukan.

Hal itu terjadi akibat hujan deras yang turun, membuat air yang melaju kencang menggerus tanah tersebut.

Untuk mengantisipasi agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi, terutama pada saat musim hujan, pihaknya kemudian melakukan pengerjaan pembuatan talud.

Baca Juga: Jajal sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi: Banyak Trek Tajam dan Sulit

''Lokasi makam bertingkat dan masih berupa tanah, belum diperkuat dengan talud. Otomatis saat hujan turun, airnya mencari jalan untuk mengalir. Membuatnya menggerus tanah-tanah makam di sejumlah titik.

Apalagi makam di sana tergolong baru semua, sehingga masih berupa gundukan tanah. Kami kemudian melakukan pengerjaan swakelola pembuatan talud untuk memperkuat antar tingkatan lokasi makam. Soalnya dikhawatirkan kalau belum diperkuat dengan talud, bisa mengalami tanah longsor,'' kata dia.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X