Ormas Expo 2021: Rumah Pintar EFATA Dirikan PAUD Inklusi untuk Anak-anak Tuna Rungu

- Jumat, 12 November 2021 | 13:14 WIB
Aktivitas di rumah pintar EFATA. (suaramerdeka.com / dok)
Aktivitas di rumah pintar EFATA. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rumah Pintar Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Pendengaran EFATA merupakan sebuah sanggar untuk anak-anak tuna rungu mendapatkan pendidikan yang telah didirikan sejak 13 Juli 2013.

Rumah Pintar EFATA membuka ruang untuk Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Pendengaran menyalurkan minat dan bakatnya sekaligus berkreasi dan berprestasi.

Anak-anak ini juga belajar melukis, menari, operet, modeling dan membuat ketrampilan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki anak-anak tersebut.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Keliling Sirkuit Mandalika dengan Memacu Motor Customnya

Windy Aryadewi, pendiri Rumah Pintar EFATA mengatakan bahwa kehadiran sanggar ini sangat membantu para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus gangguan pendengaran untuk membangun kepercayaan diri pada anak-anak mereka.

“Para orang tua anak-anak tunarungu yang tergabung di Rumah Pintar EFATA Semarang sangat merasakan manfaat dan berantusias sekali dalam mendampingi anak-anak agar dapat tampil percaya diri dan tidak malu berbaur dengan masyarakat luas,” katanya.

Karena manfaat yang besar bagi masyarakat, Windy kemudian membuka PAUD Inklusi EFATA sebagai pengembangan dari Rumah Pintar Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Pendengaran EFATA yang akan berfokus pada pendidikan anak usia dini.

Baca Juga: Jalani Start Kurang Mulus, Tim Siwo Jateng Kalah dari Tim DIY 2-3

PAUD Inklusi EFATA Semarang mulai beraktifitas pertama kali pada tanggal 02 April 2018 yang bertempat di jalan Lemah Gempal V No. 14 Semarang.

Pendidikan Inklusif ini merupakan sistem layanan pendidikan yang mengatur agar difabel dapat dilayani di sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya tanpa harus dikhususkan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X