Sidang Lanjutan Kasus Pengacara di Semarang, ITE Hadirkan Ahli Bahasa Unnes

- Kamis, 11 November 2021 | 15:46 WIB
Sidang lanjutan perkara ITE dengan terdakwa seorang pengacara menghadirkan ahli bahasa dari Unnes di PN Semarang, Kamis, 11 November 2021. (suaramerdeka.com/dok)
Sidang lanjutan perkara ITE dengan terdakwa seorang pengacara menghadirkan ahli bahasa dari Unnes di PN Semarang, Kamis, 11 November 2021. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kasus ujaran kebencian melalui unggahan status di Facebook yang dilakukan seorang pengacara di Kota Semarang, R Winindya Satriya, kini dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Dalam sidang lanjutan yang digelar dengan agenda keterangan ahli, jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah mendatangkan ahli bahasa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Muhammad Badrus Siroj, Kamis, 11 November 2021.

Dalam keterangannya, Badrus mengatakan, beberapa postingan Facebook yang sempat diunggah terdakwa dalam kurun waktu 12-15 September 2020 lalu memang mengandung ujaran kebencian.

Baca Juga: Personel Gabungan Pasukan Pengamanan Sirkuit Mandalika Siap Beroperasi

Postingan yang kini sudah dihapus itu antara lain berupa kalimat umpatan dan doa yang jelek yang diartikan sebagai ekspresi kebencian oleh pemilik akun Facebook.

"Postingan itu berisi ujaran kebencian yang ditujukan individual dengan menggunakan kemasan ras. Bentuk umpatan yang disampaikan pemilik akun berpotensi memunculkan kebencian," kata Badrus dalam kesimpulannya.

Dihadapan majelis hakim, Badrus menyampaikan, ada beberapa unggahan Facebook yang mengandung unsur kebencian meskipun tidak jelas siapa yang dimaksud.

Baca Juga: Kai EXO Comeback dengan Mini Album Peaches 30 November

Unggahan juga dinilai saling berkaitan dan berpotensi memunculkan rasa kebencian bagi orang yang merasa, melihat, dan membacanya.

Ahli juga menilai, unggahan Facebook yang dilakukan terdakwa memunculkan foto berisi tiga orang di suatu ruangan di PN Semarang yang merupakan konteks dan kalimat yang merupakan teks.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB

Omicron Masuk Jawa Tengah

Sabtu, 22 Januari 2022 | 01:18 WIB
X