Peningkatan Layanan, Perpustakaan Jawa Tengah Dituntut Beradaptasi pada Perubahan

- Kamis, 11 November 2021 | 10:48 WIB
Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. (mapio.net)
Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. (mapio.net)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Meningkatkan layanan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah pada masa pandemi Covid-19 adalah merupakan suatu hal yang mutlak untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan informasi maupun life skill kepada pemustaka dalam kondisi apapun.

Pustakawan Ahli Madya, Sudarno Agung Purwantoni menuturkan, maka dari itu Perpustakaan Jawa Tengah harus melakukan perubahan-perubahan dengan mengikuti perkembangan teknologi untuk selalu memberikan layanan baik secara online maupun offline.

Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan kepanjangan pemerintah daerah dalam bidang perpustakaan dituntut untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan, termasuk pada saat pandemi Covid 19 seperti yang terjadi pada saat ini.

''Layanan yang telah berjalan dengan baik sebelum pandemi harus tetap berjalan sesuai dengan substansinya,'' tuturnya belum lama ini.

Baca Juga: 11 November Diperingati Sebagai Hari Jomblo Sedunia, Ini Asal Usulnya

Dikatakannya, Layanan Perpustakaan Jawa Tengah memiliki layanan yang telah berlangsung, baik itu layanan yang diberikan secara langsung kepada masyarakat maupun secara virtual atau menggunakan platform digital.

Antara lain, layanan keanggotaan yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan, layanan Ruang Belajar Modern (RBM) untuk menanamkan minat baca sejak usia dini.

Selanjutnya, memberikan pendidikan non formal pada anak, melestarikan kebudayaan jawa tengah, yang akan menumbuhkan generasi-generasi yang terampil, cerdas dan cinta perpustakaan.

Kemudian, layanan referensi terdiri dari koleksi-koleksi rujukan seperti kamus, ensiklopedia, jurnal, dan koleksi dengan tipe rujukan lainnya.

Baca Juga: Pertemuan KBRI Den Haag dan Indonesianis Asing, Cari Masukan Peningkatan Kerja Sama Pendidikan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ditampart Berkeliling Kampanyekan Kerentanan Pesisir

Kamis, 8 Desember 2022 | 05:30 WIB

Digital Contruction Jadi Akselarasi Pembangunan

Rabu, 7 Desember 2022 | 05:35 WIB

AM Jumai Terpilih Kembali sebagai Ketua FKSB

Senin, 5 Desember 2022 | 09:04 WIB

Muallaf Kota Semarang Berziarah ke Sunan Gunung Jati

Senin, 5 Desember 2022 | 08:30 WIB
X