Buruh Jateng Demo, Tuntut UMK dan UMP Naik 7 Sampai 10 Persen

- Rabu, 10 November 2021 | 14:08 WIB
Ratusan buruh yang tergabung dalam sejumlah aliansi pekerja melakukan demo penentuan upah minimum kabupaten/kota di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu, 10 November 2021. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Ratusan buruh yang tergabung dalam sejumlah aliansi pekerja melakukan demo penentuan upah minimum kabupaten/kota di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu, 10 November 2021. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam sejumlah aliansi pekerja melakukan demo penentuan upah minimum kabupaten/kota di depan Kantor Gubernur Jateng, Rabu, 10 November 2021.

Aksi demo ini dilakukan secara nasional serentak di 24 provinsi dan 200 kab/kota di Indonesia menuntut agar tahun depan UMK dan UMP naik di atas 7 sampai 10 persen dan meminta pembatalan UU Cipta Kerja karena dianggap tidak mendukung pekerja buruh.

Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jateng Aulia Hakim mengatakan tuntutan kenaikan upah dianggap relevan karena memang kebutuhan buruh semakin banyak di masa pandemi.

Baca Juga: Lewat Petisi, Warganet Dukung Penetapan Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sebagai Pahlawan Nasional

Aulia menambahkan PP No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan semakin jelas menunjukkan bahwa UU Cipta Kerja beserta peraturan turunannya merupakan produk perundangan yang telah gagal untuk mensejahterakan rakyat terutama kaum buruh di Indonesia.

Menurutnya mekanisme penetapan upah tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun yang kemarin.

Namun dengan lahirnya Omnibus Law, sudah mendegradasi upah buruh, bahkan buruh dihilangkan hak berunding tentang upah

"Terdapat 6 parameter yang digunakan dalam menentukan besaran UMK tahun 2022 parameternya banyak tapi bukan berarti angka yang didapat akan menjadi besar namun angkanya semakin mengerucut (piramida terbalik)," katanya.

Baca Juga: Jokowi Resmi Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional dan Kehormatan Bintang Jasa pada Tokoh-tokoh Ini

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X