Ormas Expo 2021: Berdiri 1928, PCNU Kota Semarang Jadi Cabang Awal Terbentuk di Jateng

- Selasa, 9 November 2021 | 06:30 WIB
Rais Syuriyah NU Kota Semarang KH Hanief Ismail mempimpin doa saat kegiatan di Semarang, baru-baru ini. (suaramerdeka.com / dok)
Rais Syuriyah NU Kota Semarang KH Hanief Ismail mempimpin doa saat kegiatan di Semarang, baru-baru ini. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaamerdeka.com - Organisasi Nahdlatul Ulama Cabang Semarang (atau dikenal NU Kota Semarang) menjadi salah satu cabang awal yang terbentuk di Jawa Tengah.

Diterangkan dalam majalah Swara Nahdlatoel Oelama (SNO) Nomor 2 Tahun II 1347 H, NU Cabang Semarang resmi berdiri pada 24 April 1928 bertepatan dengan 8 Rabiul Awal 1347 H.

"Bisa dikatakan Cabang Semarang ini merupakan cabang yang pertama didirikan di Jawa Tengah. Pada Jumat malam, atas inisiasi dari Kiai Ridwan Mujahid, mustasyar HBNO (kini disebut PBNU) yang tinggal di Semarang, diadakan musyawarah dengan para kiai dan tokoh masyarakat daerah Semarang."

Pertemuan itu bertempat di kediaman Haji Sholeh di Kampung Kauman, Semarang," tutur Rais Syuriyah NU Kota Semarang, KH Hanief Ismail, Senin 8 November 2021, saat diwawancarai menyambut Ormas Expo 2021.

Baca Juga: Tak Ada Pemecatan, Posisi Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United Masih Aman

Kiai Hanief melanjutkan, dalam majalah SNO tersebut, selain kalangan kiai dari Semarang, pertemuan juga dihadiri oleh pengurus NU pusat, di antaranya KH Abdul Wahab Hasbullah, KH Bisri Syansuri, dan KH Abdullah Ubaid.

Dalam pertemuan tersebut disepakati untuk mendirikan NU Cabang Semarang sekaligus struktur kepengurusannya dibentuk.

"Saat itu yang ditunjuk menjadi Rais Syuriyah adalah KH Sya'ban dari Kampung Mangunharjo Semarang," terang Kiai Hanief.

Dalam beberapa sumber disebutkan, Kiai Sya'ban merupakan kolega Kiai Ridwan Mujahid dari pesantren di bawah asuhan Kiai Sholeh Darat.

Baca Juga: Tewas dari Lantai Enam Hotel; Jenazah Tidak Diautopsi, Diduga Bunuh Diri

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X