Sempat Meluap, Warga dan Relawan PKS Tuntang Bersihkan Sumbatan Sungai Rowosabi

- Senin, 8 November 2021 | 08:36 WIB
Relawan PKS dan warga bekerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di bawah jembatan Rowosabi. (suaramerdeka.com / dok)
Relawan PKS dan warga bekerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di bawah jembatan Rowosabi. (suaramerdeka.com / dok)

TUNTANG, suaramerdeka.com - Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kecamatan Tuntang bersama warga setempat bekerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di bawah jembatan Rowosabi, Minggu, 7 November 2021.

Dikoordinasi Divisi Sosial dan Kebencanaan Bidang Kepanduan PKS, para relawan bersama warga dusun Rowosabi membersihkan sumbatan sungai dengan cangkul, garpu, sabit maupun alat lain.

"Yang sekiranya sampah kecil biasanya kita biarkan hanyut, sedangkan jika ada batang kayu, ranting bambu maupun lainnya yang berukuran lebih besar kita angkat dari sungai dengan tujuan supaya tidak menyumbat arus air," ujar salah seorang relawan PKS.

Baca Juga: Totok Shahak Modelling School Wisuda 20 Siswa-siswi Angkatan 30

Tingginya curah hujan akhir-akhir ini mengakibatkan sungai Rowosabi yang bermuara di Rawa Pening meluap karena sumbatan sampah dan ranting.

Meluapnya sungai Rowosabi sempat mengakibatkan banjir menggenangi di jalan raya, beberapa rumah dan masjid setempat.

Meski genangan tidak terlalu tinggi namun mengakibatkan lumpur memasuki rumah dan jalan.

Ahmad Munib selaku Ketua PKS Tuntang menuturkan, menurut informasi warga, daerah ini sering terjadi banjir disebabkan air sungai meluap karena tersumbat sampah.

Baca Juga: Kesedihan dan Kesusahan Jadi Kunci Masuk Surga, Begini Penjelasan Habib Muhammad Al Mutohhar

"Jadi, air yang seharusnya mampu melewati kolong jembatan menjadi terhenti dan meluap ke jalan serta rumah warga. Hal ini terjadi saat curah hujan tinggi. Mungkin sebagai solusi perlu diadakan pengerukan sungai kembali ataupun menaikkan tinggi jembatan yang sudah ada," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nelayan Rawapening Dilindungi Asuransi

Kamis, 9 Desember 2021 | 17:26 WIB

Penggerak Kemandirian Ekonomi Perempuan Nelayan

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:37 WIB

Nelayan Rawapening Dilindungi Asuransi

Selasa, 30 November 2021 | 21:46 WIB
X