Gowes Berkebaya Komunitas Diajeng Semarang-Suara Merdeka Network, Ajak Publik Tak sekadar Bersepeda

- Minggu, 7 November 2021 | 19:43 WIB
Maya Diana Dewi bersepda bersama rekan-rekannya di Kota Lama Semarang. (sm/dok)
Maya Diana Dewi bersepda bersama rekan-rekannya di Kota Lama Semarang. (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam upaya melestarikan kebudayaan nusantara, Komunitas Diajeng Semarang tak hanya mengajak publik sekadar bersepeda. Tetapi mereka menggagas gowes berkebaya.

Founder Komunitas Diajeng Semarang, Maya Diana Dewi menjelaskan, terbentuknya Komunitas Diajeng karena memiliki visi misi untuk melestarikan dan mengenalkan cara berbusana kebaya dan berjarik kepada masyarakat terutama generasi muda.

Baca Juga: Konferensi Global Polwan Jadikan Keramahtamahan Labuan Bajo Makin Tersohor

Bahkan Komunitas Diajeng memiliki beberapa program, secara garis besar pogram tersebut untuk menunjukan komitmen untuk mengedukasi secara proaktif bagi generasi muda agar mengenal, mencintai dan melestarikan busana adat mereka.

Salah satunya dengan mengenakan kebaya lebih sering diluar seremonial biasa.

"Saat ini beberapa Diajeng mulai menyukai olah raga bersepeda atau gowes, sehingga kegiatan gowes ini sebagai peluang untuk melestarikan budaya dengan cara mengadakan acara gowes berkebaya dengan konsep bersepeda mengenakan atasan kebaya dan bawahannya mengenakan gowes.

Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Ultah Komunitas Diajeng ke-5 dan Hari Pahlawan 10 November," ujarnya, Minggu (7/11).

Menurutnya, kegiatan gowes berkebaya merupakan bentuk edukasi pelestarian budaya busana adat jarik dan kebaya yang dilakukan Komunitas Diajeng sangat variatif. Selama ini yang sudah dilakukan dengan mengenalkan tutorial berjarik.

Kemudian edukasi Jembrengan yaitu sebuah edukasi mengenalkan motif batik seperti Fashion Show dengan membentangkan kain jarik sambil memberikan narasi tentang motif batik dan makna filosofinya.

Baca Juga: Kesedihan dan Kesusahan Jadi Kunci Masuk Surga, Begini Penjelasan Habib Muhammad Al Mutohhar

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beraksi di 16 Minimarket, Pelaku Ditangkap

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:17 WIB

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB
X