PKK Bambankerep Olah Limbah Kertas dan Plastik Jadi Pot

- Rabu, 3 November 2021 | 20:54 WIB
Pelatihan pembuatan pot berbahan limbah kertas dan plastik kepada kelompok PKK Bambankerep, Ngaliyan Semarang (suaramerdeka.com/dok)
Pelatihan pembuatan pot berbahan limbah kertas dan plastik kepada kelompok PKK Bambankerep, Ngaliyan Semarang (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Program Kemitraan Masyakarat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Semarang (Upgris) memberikan pelatihan pembuatan pot berbahan limbah kertas dan plastik kepada kelompok PKK Bambankerep, Ngaliyan Semarang.

Ketua tim Eko Retno Mulyaningrum menilai, saat ini sampah masih menjadi permasalahan di sejumlah wilayah. Begitu juga di Kelurahan Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan yang berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

Banyaknya limbah plastik dan kertas di wilayah tersebut belum dimanfaatkan dengan baik, sehingga perlu adanya pendampingan agar limbah kertas dan plastik juga dapat didaur ulang menjadi sebuah pot dengan beberapa tahapan.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Selebgram Rachel Venya Tidak Ditahan

"Kegiatan kami laksanakan selama kurang lebih dua bulan, Agustus-Oktober 2021. Tujuannya untuk membantu mitra mengusai keterampilan dalam pemanfaatan limbah plastik dan kertas. Yakni menjadikan pot untuk menanam tanaman sukulen yang selanjutnya dapat dipasarkan untuk menambah pendapatan bagi warga," ungkapnya, Rabu 3 November 2021.

Tim yang beranggotakan Siti Patonah, Ummi Kaltsum, dan Dyah Ayu Widyastuti ini melakukan kegiatan yang berkelanjutan, meliputi sosialisasi dan penyuluhan untuk mengolah limbah kertas dan plastik yang ada di sekitar mereka.

"Kami memberikan informasi cara memasarkan produk pot sukulen agar menghasilkan keuntungan dalam wirausaha. Peserta juga diberikan pengetahuan mengenai pemasaran online melalui website, media sosial maupun e-commerce," tutur Ummi.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSI-DMI Siapkan Entrepreneur Berbasis Masjid

Jumat, 14 Januari 2022 | 03:42 WIB

Hotel Dafam Pekalongan Kunjungan di Suara Merdeka

Kamis, 13 Januari 2022 | 22:58 WIB
X