BPJamsostek Tanggung Biaya Pengobatan Kecelakaan kerja

- Rabu, 3 November 2021 | 17:35 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Fadholi menyerahkan santunan dari BP Jamsostek kepada ahli waris dari Chaerul Umam yang bekerja sebagai petani. (SM/dok)
Anggota Komisi IX DPR RI Fadholi menyerahkan santunan dari BP Jamsostek kepada ahli waris dari Chaerul Umam yang bekerja sebagai petani. (SM/dok)

KENDAL, suaramerdeka.com - BP Jamsostek juga menanggung biaya pengobatan bagi warga yang menjadi peserta. Biaya yang ditanggung masuk dalam program kecelakaan kerja.

Kepala BP Jamsostek Semarang Pemuda, Teguh Wiyono menyampaikan hal itu pada Sosialisasi BP Jamsostek kepada Masyarakat Program Bukan Penerima Upah bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI di RM Aldilla, belum lama ini.

Baca Juga: Adab dan Tata Cara di Kamar Mandi Sesuai Sunnah Rasulullah Muhammad SAW

‘’Misalnya petani sewaktu bekerja di sawah ada risiko yang mengancam. Baik itu saat berangkat atau ketika berada di sawah. Bisa saja di digigit ular atau terkena cangkul atau traktor hingga terluka dan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Semua biaya ditanggung BP Jamsostek bahkan sampai pasien sembuh,’’ kata dia.

Ia menambahkan, dengan menjadi peserta BP Jamsostek, petani mendapatkan manfaat dari program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Iurannya pun relatif terjangkau yakni Rp 16.800 per bulan sudah termasuk kecelakaan kerja dan kematian.

Baca Juga: Suara Merdeka Network-Ikatan Motor Indonesia Jateng Jajaki Kolaborasi

‘’Kalau meninggal karena sebab apa pun dan terdapat hubungan kerja mendapatkan santunan Rp 42 juta. Jika sudah menjadi peserta selama tiga tahun dan almarhum punya anak dua masih usia sekolah, diberikan beasiswa dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi,’’ tuturnya di dampingi Kepala BP Jamsostek KCP Kendal Suriyadi.

Teguh menjelaskan, syarat menjadi peserta BP Jamsostek program bukan penerima upah cukup mudah yaitu mempunyai aktifitas pekerjaan dan aktifitas ekonomi.

Mereka yang bekerja sebagai petani, pedagang, lainnya juga sebagai pekerjaan tetap.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

RSI Kendal Bantu Sembako untuk Penanganan Stunting

Selasa, 11 Januari 2022 | 22:18 WIB

Kendal Fokus Pembangunan Empat Pilar

Minggu, 9 Januari 2022 | 23:31 WIB

Ini Penyebab Banjir di Kendal, 22 Pintu Air Rusak

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:51 WIB
X