Kamis Pagi, Ambarawa Kembali Diguncang Gempa Bumi 3 SR

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Gempa bumi Ambarawa (Instagram @infobmkg)
Gempa bumi Ambarawa (Instagram @infobmkg)

AMBARAWA, suaramerdeka.com - Ambarawa kembali diguncang gempa bumi pada Kamis, 28 Oktober 2021 pukul 07:20:44 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M 3.0, di mana episenter terletak pada koordinat 7.197 LS dan 110.45197 BT tepatnya di darat pada jarak 9 km arah Tenggara Kabupaten Semarang, dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan magnitudo, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm yang ke-39 yang terjadi di Ambarawa dan sekitarnya.

Baca Juga: Penerapan Dana Bos Punya Nilai Strategis Dukung PTM Terbatas di Era Normal Baru

"Guncangan gempa swarm ini dirasakan di Kec. Ambarawa, Kec. Ngampin, Kec. Jambu, Kec. Kranggan II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," demikian penjelasan Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie dilansir dari Instagram @infobmkg.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga merekomendasikan, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yangg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Setyoajie.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penggerak Kemandirian Ekonomi Perempuan Nelayan

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:37 WIB

Nelayan Rawapening Dilindungi Asuransi

Selasa, 30 November 2021 | 21:46 WIB
X