34 Pohon di Semarang Tumbang Akibat Cuaca Buruk

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:39 WIB
Salah satu pohon di Taman Gajahmungkur, di Jalan Taman Sudirman, terlihat tumbang dan terbelah dua akibat disambar petir, Rabu (27/10). (suaramerdeka.com/dok)
Salah satu pohon di Taman Gajahmungkur, di Jalan Taman Sudirman, terlihat tumbang dan terbelah dua akibat disambar petir, Rabu (27/10). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Hujan deras dan angin kencang yang terjadi beberapa waktu di Kota Semarang mengakibatkan sejumlah pepohonan tumbang.

Diantaranya disebabkan angin kencang dan sambaran petir. Berdasarkan data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang tercatat ada 34 pohon tumbang yang berada di lingkungan taman maupun pohon peneduh yang berada di pinggir jalan.

Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali, mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi agar pohon-pohon tidak tumbang dan membahayakan masyarakat yang melintas di sekitarnya.

Hanya saja, bencana alam yang merobohkan pohon merupakan sesuatu hal yang tidak bisa diprediksi.

Hal tersebut karena pemangkasan daun, ranting dan dahan-dahan pohon yang terlalu rimbun, sebenarnya telah dilakukan setiap harinya.

Khususnya bagi pohon yang dinilai rawan tumbang, baik karena usia yang sudah tua maupun akarnya yang dinilai sudah tidak kuat.

"Pemangkasan pohon-pohon itu berasal dari program dinas maupun permintaan dari masyarakat. Selama ini, kami selalu memantau pepohonan yang ada di Kota Semarang."

"Beberapa pohon yang diperkirakan masih dalam kondisi sehat, ternyata ada yang tumbang karena cuaca buruk. Tentu saja ini sesuatu hal yang tidak dapat diketahui kepastiannya atau di luar dari perkiraan kita. Itu terjadi akibat faktor alam," ujar dia.

Pihaknya akan melakukan penggantian pohon-pohon yang tumbang tersebut, setelah dirapikan.

Beberapa jenis pohon yang akan menjadi penggantinya yakni Pohon Pule dan Tabebuya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X