Area Makam KH Sholeh Darat Dipercantik dengan Gapura, Ini Besaran Anggarannya

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:12 WIB
Rencana penataan makam Mbah Sholeh Darat. (suaramerdeka.com / dok)
Rencana penataan makam Mbah Sholeh Darat. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang tengah mempercantik area pemakaman KH Sholeh Darat dengan pembangunan Gapura di pintu masuk menuju makam.

Pembangunan gapura pemakaman tersebut dalam rangka memberikan rasa nyaman kepada para peziarah, yang selama ini diketahui memang ramai berdzikir di makam KH Sholeh Darat.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Semarang, KH Anasom, mengatakan, usulan untuk mempercantik area pemakaman KH Sholeh Darat sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa tahun sebelumnya.

Namun, usaha tersebut baru bisa terealisasi pada 2021, diawali dengan pembangunan Gapura, lalu dilanjutkan dengan merenovasi bangunan (cungkup) yang ada di makam KH Sholeh Darat.

Baca Juga: Jawa Tengah Diminta Waspadai Fenomena La Nina, Curah Desember Meningkat hingga 40 Persen

"Kami berterima kasih karena Pemkot akhirnya merespon usulan untuk mempercantik area pemakaman KH Sholeh Darat. Kegiatan awal dimulai dengan pembangunan Gapura pintu masuk menuju area pemakaman. Selain itu, bangunan cungkup makam pun akan direnovasi dengan dikonsep Joglo. Hanya saja, itu untuk pembangunan tahap kedua. Kami berharap, penataan yang ada nantinya akan dapat membuat area pemakaman terlihat menjadi lebih baik,'' ujar dia.

Dirinya menilai penataan area pemakaman KH Sholeh Darat dinilai penting, karena tokoh tersebut merupakan salah satu guru ulama nusantara yang memiliki posisi penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

Menurut KH Anasom, jika karya-karya KH Sholeh Darat saja telah dibaca dan dikaji banyak orang, maka alangkah lebih baik jika makamnya pun dapat diubah menjadi lebih bagus.

"Ini tentunya akan membuat para peziarah yang datang ke makamnya, untuk merasa lebih nyaman. Pembahasan penataan makam ini sudah melalui dua kali pertemuan di PCNU. Memang sempat dilontarkan untuk melakukan penggusuran sejumlah makam yang ada di sekitarnya, untuk membuat akses jalur masuk ke area makam KH Sholeh Darat. Namun, akhirnya disepakati itu tidak akan dilakukan," terang dia.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Jalan Magelang-Semarang: Libatkan 9 Kendaraan, Seorang Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X