Grebek Maulid, Cara Warga Gabahan Meriahkan Maulid Nabi Muhammad, Ini Filosofinya

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:21 WIB
Sejumlah pengurus mengarak jajanan saat acara Grebek Maulid di halaman Masjid Baiturrohim, Kelurahan Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang. (Foto/Siswo Ariwibowo)
Sejumlah pengurus mengarak jajanan saat acara Grebek Maulid di halaman Masjid Baiturrohim, Kelurahan Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang. (Foto/Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Warga Kelurahan Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah memiliki cara tersendiri dalam memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Salah satunya dengan membuat gunungan jajanan yang disiapkan jajaran Takmir Masjid Baiturrohim, Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah.

Gunungan jajan ini terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang telah disusun rapi, kemudian diarak ke halaman Masjid Baiturrohim, Gahaban, Semarang Tengah.

Baca Juga: Meriahkan Hari Santri, UIN Walisongo Siap Hadirkan Wapres dan Gus Mus, Simak Tanggalnya!

Ketua Takmir Masjid Baiturrohim, M Rifai mengatakan, Grebek Maulid merupakan warisan dari para leluhur yang sudah dilakukan secara turun temurun.

"Puncaknya kebetulan bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Grebek Maulid ini sudah kami lakukan sebanyak 7 kali. Cuma beberapa waktu lalu sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19," kata M Rifai, Jumat 22 Oktober 2021.

Turut hadir di acara tersebut, Kepala KUA Semarang Tengah H Budi Kuswantoro, penyuluh agama Islam fungsional Semarang Tengah, Rahmat Hidayat, Penasehat Masjid Baiturrohim H Maryono dan lainnya.

Baca Juga: Ajak Santri Jaga NKRI dan Pancasila, Wali Kota Hendi: Santri Kekuatan Bangsa

Ia menjelaskan, gunungan jajanan di Grebek Maulid yang disusun dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran memiliki simbol keceriaan masyarakat akan hadirnya bulan Rabiul Awal yang menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pada momen itu, gunungan jajanan tersebut diperebutkan masyarakat. Selain itu, ada uang yang telah disusun sedemikian rupa untuk kemudian diperebutkan oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X