Taj Yasin: Manfaatkan Dana Desa untuk Kemajuan dan Kemakmuran Masyarakat

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:36 WIB
Wakil Gubernur Taj Yasin (suaramerdeka.com/dokumentasi Pemprov Jateng)
Wakil Gubernur Taj Yasin (suaramerdeka.com/dokumentasi Pemprov Jateng)




SEMARANG, suaramerdeka.com - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan agar memanfaatkan dana desa secara baik dan tepat untuk kemajuan serta kemakmuran masyarakat desa.

Taj Yasin menyebutkan tahun 2019, Jateng mendapat alokasi Rp 7,8 triliun yang dikucurkan kepada 7.809 desa se-Jateng. Selanjutnya, tahun 2020 dan 2021, besarannya naik menjadi Rp 8,2 triliun.

"Dana yang diamanahkan ke desa harus dimanfaatkan secara tepat dan baik untuk kemajuan serta kemakmuran masyarakat desa," katanya dalam seminar online dengan tajuk 'Sinergitas Legislatif Eksekutif Membangun Jawa Tengah Sejahtera Dari Desa', Selasa, 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Maulid Nabi dan Hari Santri di MTsN Salatiga, KH Supandi Beri Tausiah

Menurutnya berbagai program dan terobosan harus dilakukan pemerintah desa guna membangkitkan ekonomi desa, sekaligus mewujudkan Jawa Tengah sejahtera dan berdikari.

"Berbagai inovasi harus dilakukan. Tidak hanya terkait tata kelola pemerintahan desa, tetapi juga berbagai program inovatif yang mampu memberdayakan masyarakat, mengolah seluruh potensi desa secara optimal, agar semakin maju dan sejahtera," ujarnya.

Ia meminta semua kepala desa untuk dapat memanfaatkan kucuran dana dari pemerintah pusat dengan baik melalui berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Lindungi Sastra Masyarakat Sasak, Kantor Bahasa Provinsi NTB Konservasi Sastra Lisan Cupak Gerantang

Di antaranya untuk pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Keberadaan BUMDes dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X