Segala Penyakit Bersumber dari Jarang Cuci Tangan, Cegah Sejak Dini dengan Hidup Sehat

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:06 WIB
TERIMA PIALA: Anak-anak sekolah dasar di Kota Semarang yang memenangkan lomba cuci tangan menerima piala dari SMC Rumah Sakit Telogorejo Semarang, Jumat (15/10). (suaramerdeka.com/Pamungkas Ashadi)
TERIMA PIALA: Anak-anak sekolah dasar di Kota Semarang yang memenangkan lomba cuci tangan menerima piala dari SMC Rumah Sakit Telogorejo Semarang, Jumat (15/10). (suaramerdeka.com/Pamungkas Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Anak-anak perlu diajarkan membiasakan diri mencuci tangan, karena sangat penting bagi kesehatan.

Bahkan banyak sekali segala bentuk penyakit yang bersumber dari jarang cuci tangan, di antaranya ada penyakit cacingan, diare, demam, tipes, hepatitis dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Bahkan banyak pula fenomena dari jarang cuci tangan ini juga bisa mengakibatkan kematian," ujar Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Telogorejo Semarang, Vira Nindia Dewi ketika memberikan edukasi cuci tangan kepada anak-anak sekolah dasar di Kota Semarang, di Lobby Utama Rumah sakit Telogorejo Semarang, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang, Hendi: Semangat Perjuangan Kita Tak Boleh Padam

Untuk itu menurutnya, sejak dini anak-anak memang harus diajarkan membiasakan diri mencuci tangan. Tujuanya untuk mencegah infeksi agar tidak terjadi penyakit.

"Karena itu dengan adanya handsanitaser dan tempat cuci tangan yang disediakan di rumah sangat bermanfaat, karena anak-anak sering bermain di luar yang terkadang tangan mereka masih kotor membawa bakteri," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama SMC Rumah Sakit Telogorejo Semarang, Alice Sutedjo Lisa mengatakan, dalam memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, Rumah Sakit Telogorejo mengadakan lomba cuci tangan yang benar bagi anak-anak sekolah dasar di Semarang.

Baca Juga: Teridentifikasi, Dokter Kepolisian Cocokkan Sidik Mayat Terbungkus Plastik di Grobogan

Tak hanya itu, dalam acara tersebut, anak-anak dari berbagai sekolahan memperagakan cuci tangan yang baik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendi: Pungut Biaya di Luar Ketentuan, Binasakan

Selasa, 7 Desember 2021 | 19:53 WIB
X