Peran Driver Ojol Diharapkan Bisa Kurangi Risiko Keadaan Pasien

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Siloams Hospitals Semarang memberikan edukasi dan praktek penanganan pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas bagi anggota Komunitas Grab Semarang di Resto Kang Tjahyo. (suaramerdeka.com / Pamungkas Suci Ashadi)
Siloams Hospitals Semarang memberikan edukasi dan praktek penanganan pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas bagi anggota Komunitas Grab Semarang di Resto Kang Tjahyo. (suaramerdeka.com / Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Peran driver ojol sangat penting dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas maupun pasien.

Direktur Siloams Hospitals Semarang, Dr. Adrian Malaekhi Husada menerangkan, kalau pasien penumpang bisa ditolong lebih dini dan cepat oleh diver ojol, maka bisa mengurangi risiko keadaan pasien sebelum ambulan atau tim medis datang.

"Untuk itu, para driver ojol perlu diberi edukasi dan penanganan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas. Tujuannya supaya mereka tahu bagaimana cara
menanganinya," ujar Dr Adrian saat kegiatan edukasi kesehatan dan praktik penanganan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas bagi anggota Komunitas Grab Semarang, di Resto Kang Tjahyo Jalan Kompol Maksum Semarang, Rabu, 13 Oktober 2021.

Menurutnya, menjadi driver ojol pasti banyak bertemu dengan berbagai macam orang baru yang belum mereka kenal. Bahkan mereka punya riwayat berbagai macam penyakit yang terkadang bisa saja kambuh saat perjalanan.

Baca Juga: Sarana Desalinasi Air Laut di Labuan Bajo Dibangun, Perkuat Infrastruktur Pariwisata

"Kadang driver ojol dihadapkan dengan penumpang yang tiba-tiba sakit. Dalam kejadian yang sering terjadi, tiba-tiba pasien pingsan dan driver Grab ini membawanya ke Siloams Hospitals untuk mendapat penanganan," imbuhnya.

Selain itu, masih banyak lagi materi yang diberikan kepada puluhan ojol Grab Semarang, di antaranya bagaimana cara menangani penumpang yang tiba-tiba mimisan, henti nafas, serangan jantung, luka bakar dan masih banyak lagi.

Untuk itu, kata Dr Adrian, para driver ojol tersebut sangat penting dalam memberikan pertolongan pertama pada pasien.

"Selain memberikan materi edukasi, kami juga menempelkan stiker di motor dan mobil mereka, serta memberikan gantungan kunci. stiker dan gantungan kunci tersebut ada nomor ambulans Siloams Hospitals yang siap menjemput dalam keadaan darurat yaitu 1500-911," ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Polisi Banting Mahasiswa Demo, Netizen: Tidak Cukup Hanya Berakhir Minta Maaf

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendi Minta FKPPI Kawal Persatuan NKRI

Minggu, 24 Oktober 2021 | 20:55 WIB
X