Latih Kewirausahaan Sejak Dini, Generasi Milenial Dikenalkan Urban Farming

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:04 WIB
Para pelajar di SMP Negeri 21 Semarang antusias mengikuti pelatihan urban farming bersama Dinas Pertanian Kota Semarang, Kamis (14/10). (suaramerdeka.com/dok)
Para pelajar di SMP Negeri 21 Semarang antusias mengikuti pelatihan urban farming bersama Dinas Pertanian Kota Semarang, Kamis (14/10). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam upaya mengembangkan potensi anak dalam dunia pertanian, para generasi milenial perlu dilatih untuk mengembangkan kegiatan berkebun di tengah perkotaan (Urban Farming).

Dengan begitu, mereka bisa menjadi petani modern dan bisa melakukan upaya-upaya kewirausahaan di tengah keterbatasan lahan di perkotaan.

"Agar anak zaman sekarang tidak sibuk dengan bermain gadget, maka mereka perlu dibekali keterampilan urban farming yang bisa dikembangkan untuk kompetensi dirinya,"ujar Kepala SMP Negeri 21 Semarang, Agung Nugroho usai melaksanakan kegiatan pelatihan urban Farming bagi siswanya, yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Semarang, Kamis (14/10).

Baca Juga: Pandemi, Jabar Moncer di PON Papua Bukti Pembinaan Atlet Tak Terganggu

Menurutnya, dengan membekali pengetahuan anak tentang urban farming, nantinya mereka bisa mengembangkan potensi pertanian di rumah maupun di sekolah.

Adapun tanaman yang akan di tanam diantaranya ada cabe, tomat, terong dan termasuk mereka juga akan menanam padi dengan menggunakan pot maupun polibek.

"Diharapkan setelah mengikuti pelatihan urban farming bersama Dinas Pertanian Kota Semarang mereka bisa memiliki kompetensi yang memadai untuk mengembangkan urban farming," jelasnya.

Baca Juga: Sering Runtuh, Tebing Batu Desa Plumbon Mendesak Dinormalisasi

Disamping itu, mereka juga bisa menghargai bahwa petani bukan profesi yang rendah tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang bermakna.

"Selain urban farming para pelajar di SMP Negeri 21 juga sudah dilatih membuat eko enzim untuk mengurangi sampah," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendi Minta FKPPI Kawal Persatuan NKRI

Minggu, 24 Oktober 2021 | 20:55 WIB
X